Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Dengan Beberapa Makanan Sehat

Kolesterol sebenarnya memiliki arti sebagai sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau pun yang menyerupainya. Kolesterol terdiri dari dua jenis, yaitu HDL dan LDL. LDL ialah kolesterol buruk yang memiliki efek samping buruk bagi kesehatan tubuh sedangkan HDL adalah kolesterol baik yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Namun, istilah kolesterol cenderung dipakai untuk mengatakan kolesterol jahat dalam tubuh dan bahkan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol jahat disebut juga dengan kolesterol. Kolesterol dapat dihindari dan diobati dengan memanfaatkan beberapa makanan sehat. Ini diyakini mampu menjadi cara cepat menurunkan kolesterol.

cara cepat menurunkan kolesterol (maduhitampahit)

cara cepat menurunkan kolesterol (maduhitampahit)

Makanan sehat untuk cara cepat menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol berlebih dalam darah dan melampaui nilai ambang batasnya yaitu 160 – 200 mg akan menyebabkan tubuh menjadi tidak stabil dan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, penyakit kolesterol ini harus segera ditangani. Kadar kolesterol tinggi ini dapat diturunkan dengan menggunakan simvastatin, namun obat ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, yaitu mempercepat timbulnya katarak atau memperburuk katarak bagi mereka yang sensitif terhadap obat ini.

Sebenarnya, untuk menurunkan kolesterol tidak perlu susah dan repot. Cukup dengan memakan banyak serat, akan mampu mengikat lemak dan kemudian membuangnya dalam bentuk BAB. Oleh sebab itu, dokter menyarankan agar memakan makanan sehat untuk cara cepat menurunkan kolesterol tinggi. Beberapa makanan sehat tersebut adalah :

  • Buah merah ini mengandung likopen yang mampu mencegah serangan jantung dan stroke. Cara mengolahnya, cukup dengan membuat jus atau campuran makanan dan rutin diminum setiap hari sebanyak 50 gram akan meredakan kadar kolesterol jahat.
  • Buah Delima. Buah ini mengandung senyawa antioksidan berjenis polifenol yang berguna menurunkan kadar kolesterol jahat. Jus buah delima mampu memperlambat penumpukan kolesterol jahat dalam arteri.
  • Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh dan pitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Cara penyajiannya cukup dengan membuat jus buah alpukat segar untuk diminum.
  • Kacang Almond. Kacang ini kaya akan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan LDL serta mampu menguraikan LDL dalam darah. Untuk mempercepat penurunan LDL sebayak 10 persen, Anda diwajibkan mengkonsumsi 73 gram kacang almond per hari.
  • Jus jeruk.
  • Minyak Zaitun. Minyak zaitun mengandung antioksidan dan lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan HDL.

Beberapa cara cepat menurunkan kolesterol secara alami

Selain memakan makanan sehat seperti yang telah diuraikan sebelumnya. Berolah raga secara teratur juga bisa menjadi cara cepat menurunkan kolesterol secara alami. Cara ini diyakini mampu membakar lemak jahat dalam tubuh. Olah raga sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Selain itu hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti gorengan, daging jeroan, cumi-cumi, telur puyuh, kerang, mentega, kepiting, udang, dan lain sebagainya, termasuk juga Fast Food dan Junk Food.

Cara cepat menurunkan kolesterol juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi minyak ikan yang banyak mengandung omega 3. Rutin mengkonsumsi suplemen ini akan membantu Anda hidup sehat tanpa kolesterol jahat. Semoga tips diatas bisa membantu Anda mengurangi lemak jahat dalam darah.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

buah penurun kokestrol dan cara olahx -cara cepat menurunkan ldl -cara membakar kolesterol -cara mengolah alpukat jadi obat kolestrol -cara mengolah alpukat untuk kolesterol -cara mengolah makanan berkolesterol -makanan yg bs mengikat koleaterol jahat -minuman pembakar lemak jahat tercepat -olahraga yang mempercepatan menurunkan kolestrol -

Content Protection by DMCA.com