Brotowali Dan Makanan Sehat Sebagai Obat Tradisional Asam Urat Dan Rematik

Anda pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata asam urat. Asam urat sebenarnya merupakan senyawa  nitrogen, hidrogen, heterosiklik karbon, oksigen. Terbentuknya asam urat jika zat dalam tubuh yang dikeluarkan memecah suatu zat yang disebut purin. Purin larut dalam darah dan akan dibuang keluar dari tubuh dalam bentuk urin. Asam urat ada pada semua orang dan sebenarnya tidak berbahaya. Namun jika lama kelamaan asam urat menumpuk pada tubuh akan menimbulkan suatu gangguan pada sendi. Itu sebabnya penyakit asam urat erat kaitannya dengan rematik atau radang sendi. Lalu apa obat tradisional asam urat dan rematik ini?

obat tradisional asam urat dan rematik

obat tradisional asam urat dan rematik

Brotowali sebagai obat tradisional asam urat dan rematik

Ahli farmasi yaitu para aopteker Indonesia akhir-akhir ini sedang menggalakkan obat-obatan tradisional sebagai penyembuh penyakit. Hal ini juga mengingat Indonesia yang kaya akan flora yang beraneka ragam dan memiliki khasiatnya masing-masing. Salah satu herbal yang ada di Indonesia dan telah dikenal sebagai ramuan untuk menghilangkan penyakit adalah brotowali.

Bagian dari brotowali yang dimanfaatkan untuk obat asam urat dan rematika adalah batangnya. Kandungan senyawa di dalam batang seperti alkaloid, dammar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, harsa, berberin, palmatin, dan kolumbin ini lah yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit, termasuk asam urat dan rematik.

Cara mengolah brotowali untuk mengobati penyakit asam urat dan rematik adalah:

  • Rebus brotowali 15-20 batang kering
  • Iris-iris brotowali rebus dalam air hingga mendidih, sebagaiknya dalam 3 gelas air yang dimasukkan menjadi 1 gelas hasil.

Kemudian biarkan airnya hingga separuh kuali lalu dinginkan dan saring. Dosis untuk mengkonsumsi obat herbal ini adalah dengan meminum ramuan ini 3 kali sehari  sebanyak 1 gelas yang diminum setiap 1 jam sebelum makan.

Beberapa makanan sehat untuk obat tradisional rematik dan asam urat

Ada beberapa makanan yang dapat dimanfaatkan untuk obat tradisional rematik dan asam urat sehingga asam urat dapat berkurang jumlahnya dalam darah. Adapun makanan tersebut adalah :

  • Makanan kaya vitamin C
  • Buah Cherry dengan sifat anti inflamasi bernama anthocyanin yang dimilikinya mampu untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah
  • Susu rendah lemak seperti yogurt dapat mengurangi asam lemak dalam tubuh
  • Jeruk nipis yang berfungsi melarutkan asam urat dalam tubuh
  • Air mineral yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh termasuk asam urat
  • Buah Berries
  • Kentang

Dengan mengkonsumsi beberapa makanan diatas, diharapkan kadar asam urat dapat hilang dari dalam tubuh, walaupun hal ini tidak dapat menyembuhkan secara instan. Obat tradisional asam urat dan rematik dengan cara ini hanya mampu mengurangi asam urat secara berangsur-angsur namun terjamin aman dan tidak memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

asam urat dn rematik -ginaan beras merah untuk rematik -harga jamu brotowali mutiara sehat -

Content Protection by DMCA.com