Berbagai Manfaat Timun Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Timun merupakan salah satu buah yang familiar bagi orang Indonesia. Buah yang sering dijadikan salah satu menu lalapan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat timun bisa dilihat dari kandungan kalori yang sangat rendah dan kaya akan nutrisi membuat timun menjadi salah satu buah favorit.

Manfaat timun

Manfaat timun

Manfaat Timun Bagi Wajah

Selain untuk lalapan juga banyak manfaat timun untuk wajah. Timun dapat mengurangi warna hitam pada mata, atau bisa disebut mata panda. Kandungan antioksidan dan silica di dalam timun membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut dan dengan mudah terregenerasi. Selain itu timun juga dapat mengurangi bercak hitam pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari. Cukup di parut dan dioleskan pada kulit wajah dan leher, maka bintik-bintik hitam akan banyak berkurang. Rutin menggunakan timun sebagai bahan perawatan wajah akan membuat wajah menjadi segar dan bersih.

Satu lagi manfaat timun untuk wajah berjerawat. Bekas jerawat memang merupakan hal yang bisa menutupi kecantikan wajah. Cukup dengan mengiris tipis buah timun dan tempelkan ke wajah kurang lebih 20 menit secara rutin, maka bekas jerawat akan hilang. Sifat dingin di kulit yang dimiliki oleh timun membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Manfaat Timun Bagi Wajah Sebagai Masker

Manfaat Timun Bagi Wajah Sebagai Masker

Manfaat Timun untuk Mencegah Hipertensi

Untuk  ibu yang sedang berbahagia karena hamil, manfaat timun untuk ibu hamil tentu menjadi salah satu informasi yang menarik. Timun bermanfaat untuk menurunkan hipertensi. Kondisi ibu hamil yang kurang stabil sangat rawan terhadap resiko terkena hipertensi.  Kondisi hormon dan emosi ibu hamil sangatlah rentan, apalagi yang sudah memasuki trimester pertama. Jadi mengkonsumi timun sangat baik untuk menyeimbangkan tekanan darah.

Tak hanya untuk wajah ada juga manfaat timun untuk kesehatan. Serat yang banyak terkandung dalam timun, menyebabkan buah ini berkhasiat untuk membantu mengobati sembelit kronis. Selain itu timun juga membantu mencegah gangguan pencernaan dan penyakit lambung.  Enzim yang terdapat dalam timun yakni enzim Erepsin membantu dalam mempermudah mencerna protein.

Timun sebagai bagian dari menu harian

Timun sebagai bagian dari menu harian

Tips memanfaatkan timun untuk kecantikan dan kesehatan

Ada baiknya untuk mengaplikasikan tips-tips yang berkaitan dengan timun ini secara rutin. Agar manfaat yang diperoleh menjadi maksimal. Karena berbagai macam manfaat timun bagi kesehatan dan kecantikan, alangkah baiknya untuk selalu menyetok timun setiap hari di lemari pendingin. Sehingga mudah jika ingin mengkonsumsinya secara langsung atau memanfaatkannya untuk keperluan lain. Selalu jaga juga suhu lemari es, agar timun tetap segar dan tidak cepat busuk.

Buah dengan kandungan air yang tinggi ini tentu telah banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat timun bagi kesehatan wajah dan tubuh manusia sudah tidak diragukan lagi. Banyak penelitian berkaitan dengan kandungan baik dalam timun telah membuktikan betapa berkhasiatnya buah ini. Maka tidak ada salahnya mencoba buah timun sebagai alternatif penunjang hidup sehat dari sekarang