Berbagai Manfaat Bekam Bagi Kesehatan Tubuh

Bekam adalah salah satu terapi atau pengobatan alternatif yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terapi bekam ini adalah terapi kesehatan yang dilakukan dengan cara mengeluarkan darah kotor dari lapisan kulit tubuh. Mungkin terdengar seram dan menyakitkan, tapi nyatanya tidak seperti itu. Terapi ini justru tidak sakit dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat bekam bagi kesehatan? Berikut penjelasannya.


Manfaat bekam untuk kesehatan

Manfaat bekam untuk kesehatan

Ada dua jenis terapi bekam yaitu bekam basah dan bekam kering. Bekam kering dilakukan untuk orang yang takut suntikan dan darah dengan cara membekam kulit sampai tampak merah kehitam-hitaman, sampai tiga hari, menghisap kulit, lalu memijat-mijat daerah sekitarnya. Sedangkan bekam basah dilakukan setelah bekam kering. Terapi bekam basah menggunakan jarum tajam untuk mengeluarkan darah kotor dari tubuh dengan acara dibekam.

Manfaat Bekam Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit

Terapi bekam adalah terapi kesehatan atau terapi penyembuhan alternatif yang sudah cukup lama dikenal. Ada berbagai manfaat yang dapat dihasilkan dari melakukan terapi bekam. Ada lebih dari 350 titik yang dapat digunakan untuk terapi bekam. Namun dari dari berbagai titik tersebut hanya 12 titik yang sering digunakan untuk terapi bekam, yaitu, di leher, tiga di kepala, di pinggang, kaki, dan dada.

Berbagai penyakit yang dapat disembuhkan lewat terapi bekam ini adalah penyakit kulit, vertigo, depresi, gangguan syaraf, stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, kolesterol, darah tinggi, dan masih banyak lagi. Tidak heran banyak pasien yang lebih memilih datang ke pusat penyembuhan alternative lewat terapi bekam, disbanding ke rumah sakit. Di samping lebih sederhana, terapi ini juga tidak menghabiskan banyak biaya.

Untuk penyakit penyakit ringan seperti sakit kulit, sakit pinggang, atau beberapa keluhan lain, terapi bekam hanya perlu dilakukan beberapa kali, maksimal sebulan sekali. Sedangkan untuk penyakit berat yang telah disebutkan tadi, terapi bekam harus dilakukan berulang-ulang, secara rutin, sampai penyakit itu benar-benar sembuh. Tentu saja setiap jenis penyakit dan orang waktu penyembuhannya berbeda-beda.

Berbagai titik bekam di kepala (Obyssi)

Berbagai titik bekam di kepala (Obyssi)

Manfaat bekam di kepala

Salah satu titik yang sering digunakan sebagai titik bekam adalah kepala. Ada beberapa manfaat bekam di kepala antara lain: menyembuhkan migrain, stroke, vertigo, hipertensi, mengobati jerawat, Parkinson, sakit gigi, masalah pada pendengaran, penglihatan, penciuman, dan memperpanjang daya ingat. Tentu saja bekam yang di lakukan di kepala ini tidak boleh sembarangan. Harus dilakukan oleh ahlinya.

Manfaat bekam untuk jantung

Bagi seseorang yang memiliki penyakit jantung, terapi bekam ternyata sangat bermanfaat bagi penyembuhan. Sebab penyebab utama penyakit jantung adalah kolesterol yang ada di dalam darah dan menyumbat aliran darah dari jantung atau ke jantung. Oleh sebab itu, dengan terapi bekam, darah kotor yang mengandung kolesterol tersebut dikeluarkan dan dapat membantu mengurangi bahkan menghilankan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Manfaat bekam wajah      

Manfaat bekam wajah antara lain dapat mengatasi masalah jerawat dan kulit wajah yang kusam. Dengan darah kotor yang dikeluarkan lewat terapi bekam, jerawat yang sering timbul akibat sel kulit mati yang tidak dibersihkan, hormon, akan mulai berkurang dan berangsur-angsur hilang. Kulit juga akan menjadi jauh lebih bersih dan bercahaya.

Dari berbagai manfaat bekam tersebut, tentu tidak ada salahnya untuk sesekali mencobanya. Atau bagi yang memiliki penyakit baik ringan maupun yang berat dan ingin sembuh dengan pengpbatan alami, terapi bekam adalah pilihan yang tepat. Cukup datang ke tempat-tempat pengobatan alternatif bekam, maka niscaya berbagai penyakit bisa disembuhkan.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

manfaat bekam; manfaat bekam bagi kesehatan; bekam; manfaat bekam untuk kesehatan; khasiat bekam; manfaat bekam bagi tubuh; manfaat terapi bekam; manfaat bekam wajah; fungsi bekam bagi tubuh; fungsi bekam;

Content Protection by DMCA.com