Berbagai Jenis Penyakit Jantung yang wajib Anda Ketahui

Pada umumnya orang hanya mengetahui bahwa penyakit jantung ialah penyakit yang berbahaya. Akan tetapi untuk pengetahuan yang lebih dalam, jarang sekali yang mengenal dan tahu mengenai jenis penyakit jantung. Sekitar 8 jenis penyakit jantung dikenali sebagai penyakit yang berbahaya, dan semua jenis tersebut memiliki karakteristik dan penanganan yang berbeda beda. Untuk lebih mewaspadai, maka sebaiknya diketahui jenis penyakit jantung terlebih dahulu.

jenis penyakit jantung dan gejalanya

jenis penyakit jantung dan gejalanya (Healthtap)

8 Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Berikut ialah jenis penyakit jantung dan gejalanya yang dibedakan menjadi 8 jenis penyakit jantung dan masing masing memiliki ciri ciri tersendiri yang berbeda dengan jenis yang lain.

  • Kelainan Katup Jantung; Jenis penyakit jantung yang terjadi pada katup sehngga mengganggu aliran darah. Kelainan ini bisa saja menjadi pengecilan, kebocoran atau tidak sempurnanya katup menutup sehingga sulit mengalirkan darah atau berlebihan. Jenis penyakit ini disebabkan bawaan lahir atau efek obat.
  • Infark Miokard Akut; Infark Miokart terjadi akibat kematian pada otot jantung akibat penyumbatan arteri koroner. Dengan keadaan ini maka jantung tidak bisa melakukan suplai darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh menjadi drop dan mengakibatkan kematian.
  • Aterosklerosis; Penyebab jenis penyakit jantung aterosklerosis ialah adanya penebalan pada dinding arteri akibat lemak dan kolesterol.
  • Kardiomiopati; Adanya kerusakan pada otot jantung, atau mungkin gangguan sehingga dinding jantung menjadi tidak bergetar secara sempurna ketika melakukan proses pompa disebut sebagai kardiomiopati. Dengan kelemahan pompa maka bisa terjadi masuknya darah ke organ lain seperti paru paru.
  • Arritmatia; Ketika irama atau denyut jantung tidak normal, maka perlu diwaspadai karena hal tersebut bisa jadi merupakan gejala dari penyakit arritmatia yaitu penyakit gangguan rangsang atau penghantaran rangsang di daerah jantung.
  • Gagal Jantung Kongesif; Gejalan atau ciri ciri dari gagal jantung kongesif ialah adanya fungsi jantung yang tidak lagi bisa digunakan, atau jantung yang tidak mampu untuk memompa darah lagi sehingga darah akan menyebar ke organ lain yang tidak bisa menerima darah.
  • Rematik Jantung; Kerusakan pada katup jantung menjadikan penyakit rematik jantung terjadi. Penyebabnya ialah bakteri streptokokus yang menyebar dan berkembang di daerah jantung.
  • Inflamasi; Jenis penyakit jantung dan penyebabnya ialah karena adanya selaput yang menyelimuti permukaan jantung atau bisa hingga mencapai bagian dalam jantung. penyakit ini terjadi akibat racun dan infeksi.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis penyakit jantung, maka ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter dan ahli medis lainnya. Jangan lupa juga untuk memeriksakan diri ke dokter secara berkala untuk mencegah terjadinya penyakit jantung secara mendadak, juga berbagai penyakit lainnya yang akan membahayakan tubuh dan kesehatan.

Content Protection by DMCA.com