Beberapa Efek Samping Kulit Manggis Bagi Tubuh Dan Kesehatannya

Manggis merupakan tanaman yang berpohon besar dan memiliki umur yang panjang dengan resiko menderita penyakit tanaman yang minim. Oleh sebab itu para peneliti melakukan penelitian terhadap tanaman ini dan mendapati bahwa tanaman ini memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi yang membuatnya mampu hidup lama. Kandungan anti oksidan tertinggi ditemukan pada kulit manggis. Inilah yang menyebabkan kulit manggis akhir-akhir ini menjadi favorit karena terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Walaupun tanaman ini bagian dari obat herbal, efek samping kulit manggis tetaplah ada. Berikut ini akan coba dijelaskan beberapa efek sampingnya.

efek samping kulit manggis

efek samping kulit manggis

Mengenali beberapa efek samping kulit manggis

Kulit manggis akhir-akhir ini telah dikembangkan sebagai obat-obatan herbal alami. Kulit manggis diambil ekstraktnya lalu dibuat ke dalam berbagai bentuk seperti cairan atau sirup, kapsul dan juga tablet. Ada juga yang lebih suka membuatnya dirumah dengan menghancurkan kulit manggis dengan air dan menjadikannya semacam jus buah. Rasa ramuan ini adalah kecut-kecut manis. Namun jika Anda meminum kapsul atau tablet, tentu tidak ada rasanya.

Keampuhan akan kulit manggis menyembuhkan berbagai jenis penyakit telah terbukti dan digemari banyak orang. Memiliki keampuhan bukan berarti tidak memiliki efek samping. Beberapa efek samping yang ditimbulkan saat mengkonsumsi kulit manggis di awal-awal adalah :

  • Alergi yang mempengaruhi sistem kerja tubuh seperti nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, perut mual, kembung, insomnia, dan gangguan istirahat lainnya seperti jantung berdebar.
  • Alergi ringan seperti kulit kemerahan, terjadinya pembengkakan, gatal-gatal pada beberapa area tubuh, dan kulit jadi bersisik.
  • Gangguan pencernaan yang disebabkan kadar resin, serat kasar, dan tanin yang dikandung kulit manggis jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak.

Beberapa efek samping kulit manggis bagi kesehatan

Efek samping kulit manggis bagi kesehatan cenderung terjadi karena berhubungan dengan penyakit yang diderita. Jadi timbulnya beberapa gejala-gejala efek samping pada organ tubuh disebabkan pertanda adanya penyakit pada organ tersebut. Berikut ini beberapa efek samping tersebut adalah :

  • Perut terasa kembung yang disebabkan karena pasien juga mengidap penyakit maag atau asam lambung tinggi. Manggis mengandung zat asam yang tinggi yang menyebabkan perut kembung. Jika ini terjadi, berikan herbal pendamping seperti kunyit dan temulawak untuk mengobati penyakit maag pada pasien.
  • Gangguan pada ginjal. Ini terjadi jika pasien tidak mengkonsumsi banyak air putih. Hal ini juga terjadi jika jenis kulit manggis yang dikonsumsi berupa serbuk. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak maka akan melarutkan serbuk kulit manggis yang dikhawatirkan mengendap dalam ginjal.

Efek samping kulit manggis dapat dihindari dengan pemakaian dosis yang tepat dan tidak berlebihan. Salah satu untuk mengatasi dan mencegah terjadinya efek samping adalah dengan mengkonsumsi air putih yang bersifat melarutkan.