Bawang Merah Dan Kunyit Sebagai Obat Tradisional Penurun Panas

Siapa yang tidak panik jika melihat anak sakit demam. Anda mungkin langsung kebingunan jika mengetahui bahwa anak Anda sedang sakit, terutama demam yang tidak kunjung reda. Demam merupakan sebuah gejala awal adanya gangguan dalam tubuh, apakah itu berupa peradangan atau infeksi sebuah kuman, bakteri dan virus. Demam tinggi jika tidak segera diatasi bisa berakibat fatal bagi tubuh. Oleh sebab itu Anda diharapkan cermat dalam mengatasinya. Jangan sembarangan meminumkan obat berbahan kimia pada bayi atau anak Anda. Usahakan untuk memberikan obat tradisional penurun panas sebagai langkah awal sebelum pergi ke dokter.

obat tradisional penurun panas

obat tradisional penurun panas

Bawang merah sebagai obat tradisional penurun panas pada usia bayi

Bayi Anda terserang demam? Hal ini pasti membuat Anda sangat khawatir. Apalagi, bayi belum bisa sembarangan makan karena usus mereka belum siap menerima segala jenis makanan. Anda sebaiknya jangan buru-buru panik jika di hadapkan dengan situasi ini. Obat penurun panas yang tepat untuk saat-saat genting seperti ini adalah dengan memanfaatkan obat tradisional berupa herbal yang bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia.

Bawang merah yang dikenal sebagai bumbu masakan, ternyata bisa menjadi obat tradisional penurun panas pada bayi. Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh nenek moyang sebagai penolong pertama pada bayi yang terserang demam. Mengapa bawang merah mampu menyembuhkan demam? Hal ini disebabkan bawang merah miliki senyawa minyak atsiri, sikloaliin metilaliin, kuersetin dan floroglusin. Semua kandungan tersebut mampu menurunkan panas pada bayi Anda.

Cara mengolah bawang merah menjadi obat yang aman adalah kupas bawang merah sekitar 5 siung, lalu parut ataupun dirajang halus-halus, kemudian tambahkan minyak kelapa, apalagi jika menggunakan minyak kelapa asli atau VCO. Selanjutnya balurkan ramuan tadi keseluruh tubuh bayi Anda dan biarkan, lambat laun panas akanĀ  mereda.

Kunyit sebagai obat tradisional penurun panas pada balita

Balita atau bawah lima tahun mengacu kepada anak-anak dengan usia antara 1 hingga 5 tahun. Jika balita terserang demam, sebenarnya ibu tidak perlu sekhawatir pada bayi, karena balita sudah bisa mengkonsumsi makanan dari luar, termasuk obat-obatan. Tapi, alangkah baiknya jika balita tidak sembarangan diberikan obat penurun panas berbahan kimia. Manfaatkanlah obat tradisional untuk menurunkan panas pada anak balita Anda.

Kunyit yang juga merupakan bumbu masakan dapat menjadi obat tradisional penurun panas pada balita Anda. Kunyit mengadung senyawa minyak atsiri, turmeron, curcumin, dan zingiberen dapat berfungsi sebagai antinflamasi, anti oksidan dan juga antibakteri yang mampu menurunkan panas pada anak usia balita. Cara mengolahnya adalah :

  • Ambil kunyit sebesar 1 ruas jari lalu parut.
  • Campurkan parutan kunyit tadi bersama setengah gelas air panas
  • Biarkan air menjadi dingin, lalu peras ramuan tersebut dan ambil sarinya
  • Tambahkan perasan jeruk nipis dan juga madu ke dalam air perasan kunyit
  • Minumkan pada anak balita Anda

Bawang merah dan kunyit terdengar hanya berupa bumbu dapur biasa, namun sebenarnya kedua herbal ini bisa menjadi obat tradisional penurun panas yang membantu menurunkan demam pada anak Anda. Apalagi kedua bumbu ini mudah ditemukan di dapur Anda.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

obat demam alami -obat demam pada anak umur 1 tahun -obat demam tradisional untuk anak 3 tahun -Obat turun panas -ramuan jawa penurun panas -