Bahayakah Penyakit Mata Ikan Jika Dibiarkan Terlalu Lama?

Penyakit mata ikan memang tidak seperti penyakit kanker atau jantung yang merupakan bahaya lainnya. Penyakit kulit tersebut disebabkan karena hal sepele, misalnya memakai sepatu ukuranyya terlalu kecil, gesekan benda keras dalam waktu lama, dan lain-lain. Penyebab ringan penyakit kulit tersebut dapat menyebabkan sebuah benjolan pada jari kaki, tangan, sela-sela jari kaki, dan telapak tangan. Benjolan inilah dinamakan mata ikan dan biasanya akan terasa sakit apalgi jika terkena gesekan rasa sakitnya bertambah.Bahkan mata ikan bisa berkembang menjadi lebih parah sehingga sulit dihilangkan.

penyakit mata ikan di tangan (spotdokter)

penyakit mata ikan di tangan (spotdokter)

Mata ikan dalam bahasa kedokteran disebut clavus penyebabnya cukup sepele yang telah disebutkan. Namun, ada penyebab khusus dari penyakit mata ikan di tangan ataupun di kaki yang harus dipahami karena dapat membuat mata ikan sangat sulit dihilangkan yaitu Human Papilloma Virus (HPV). HPV merupakan virus menginfeksi kulit kaki, jari, tumit, dan telapak kaki yang menyebabkan mata ikan.

Tidak Semua Benjolan Di Kaki Termasuk Penyakit Mata Ikan

Terkadang di bagian tubuh Anda terdapat benjolan tapi tidak terasa sakit, sering menduga benjolan adalah mata ikan. Supaya tidak salah persepsi, memahami tanda penyakit mata ikan di kaki dan bagian tubuh sangat penting. Mata ikan ditandai dengan kulit mulai menebal kemudian membentuk benjolan ukuran kecil, terkadang terasa sakit saat ditekan dan digesek benda keras. Jika letak mata ikan ada di kaki untuk berjalan saja akan sakit. Mata kaki akan terlihat seperti benjolan keras tapi bagian lainnya seperti iritasi lembut.

penyakit mata ikan di kaki (doktercantik)

penyakit mata ikan di kaki (doktercantik)

Untuk mencegah agar Supaya tidak timbul mata ikan pada bagian kaki, harus memperhatikan alas kaki yang digunakan. Alas kaki tidak boleh sempit dan harus nyaman saat dipakai serta rutin mengganti kaos kaki. Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terkena mata ikan.

Cara Mengatasi Penyakit Mata Ikan

Rasa nyeri terkadang dirasakan dan terkadang tidak dirasakan bagi penderita. Anda harus segera mengobatinya saat terasa nyeri, sakit saat berjalan, dan rasa tidak wajar lainnya sekitar mata ikan. Namun, bagi Anda yang memiliki mata ikan jangan bersedih hati karena ada cara mengobati penyakit mata ikan secara alami.

Berikut adalah cara mengatasi mata ikan dengan bahan alami yang mudah ditemukan:

  • Getah papaya

Bahan-bahan alaminya bisa ditemukan dengan mudah di sekitar Anda yaitu dengan getah papaya. Cara dengan rendam bagian tubuh yang terdapat mata ikan dalam air hangat dicampur garam. Rendam selama 15-20 menit kemudian keringkan dan olesi dengan getah pepaya tepat pada mata ikan. Untuk sementara bagian tubuh yang terdapat mata ikan harus dihindari dari gesekan secara langsung. Anda dapat mengulanginya beberapa kali jika belum terasa ada perubahan.

mencengah mata ikan dengan getah papaya (primbondonit)

mencengah mata ikan dengan getah papaya (primbondonit)

  • Bawang putih

Selain menggunakan getah papaya ada cara lainnya yaitu dengan bawang putih. Tentu saja bawang putih pasti ada di dapur Anda karena salah satu bumbu dapur sering dipakai memasak. Menggunakan bawang putih juga merupakan cara mudah menghilangkan mata ikan. Dikarenakan hanya dengan bawang putih satu siung, oleskan langsung bawang putih pada mata ikan kemudian bungkus menggunakan perban.

mencengah mata ikan dengan bawang putih (konsultasisehat)

mencengah mata ikan dengan bawang putih (konsultasisehat)

  • Getah kamboja

Cara mengatasi mata ikan menggunakan bahan alami lainnya yaitu dengan pohon kamboja. Cara ini juga tergolong mudah karena langsung dioles pada bagian mata ikan.

mencengah mata ikan dengan getah kamboja

mencengah mata ikan dengan getah kamboja

Demikianlah artikel tentang penyakit mata ikan dan cara mengobatinya. Meskipun mata ikan bukan penyakit berbahaya tapi sebaiknya Anda harus berhati-hati karena mata ikan menyebabkan ketidak nyamanan dan terkadang terasa sakit.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

mata ikan -penyakit mata ikan -obat mata ikan -cara menghilangkan mata ikan -mata iwak -cara mengobati mata ikan -cara menghilangkan mata ikan di kaki -ciri ciri mata ikan -mata ikan di telapak kaki -obat untuk mata ikan -obat penyakit mata ikan -menghilangkan mata ikan -cara menyembuhkan mata ikan -penyebab mata ikan -bahaya penyakit mata ikan -mata ikan di kaki -mata ikan di jari tangan -mata ikan bahasa medis -bahaya mata ikan -mata ikan pada kaki -menyembuhkan mata ikan -mata ikanan pada bayi dijari kaki dan tangan -menyembuhkan mata ikan dengan bawang putih -menyembuhkan mata ikan manual -mata ikan ditelapak kaki -menghilangkan rasa sakit mata ikan -muncul mata ikan dikaki bagaimana mengatasinya -menular kah mata ikan di jari kaki -mengobati mata ikan d telapak kaki? -mengobati mata ikan -menghilangkan mata ikan ditelapak kaki -mata ikan pada kaki manusia -menghilangkan mata ikan cepat -mengatasi mata ikan -mata ikan pada telapak kaki -mata ilan -ngorekin mata ikan pada kaki -obat alami buat mata ikan -obat alami untuk mata ikan ditelapak kaki -penyakit kulit jari tangan -penyakit kulit mata ikan di telapak kaki -penyakit mata ikan di tangan -penyakit tangan berlubang -penyebab adanya virus ditelapak kaki -penyebab dan penyembuhan clavus dengan herbal -penyebab dari mata ikan -penyebab mata ikan pada kaki -penyebab penyakit mata ikan -penyebab penyakit mata ikan di kaki -tanda tanda ada mata ikan di telapak tangan -

Content Protection by DMCA.com