Bahaya Kulit Apel Merah Jika Dimakan dan Pencegahannya

Hayo siapa yang tidak suka buah apel merah? Rasanya yang enak membuat setiap orang ingin memakannya. Tetapi sebelum makan buah apel ini kadang terlintas pikiran, adakah bahaya kulit apel merah jika dimakan. Karena kita tahu sebagian pengawetan buah apel menggunakan zat lilin, maka awas ada bahaya kulit apel merah jika anda langsung mengkonsumsinya.

Apel merah adalah salah satu buah yang bermanfaat bagi kesehatan. Warna merah, manis dan kaya antioksidan membuatnya menjadi buah favorit untuk di makan maupun dijadikan hadiah parsel. Beberapa khasiat buah apel merah, antara lain mencerahkan kulit, menjaga kesehatan mata, dan diet. Tetapi sayangnya, ada bahaya makan kulit apel merah sebagaimana dijelaskan di bawah ini. (Baca juga: Sukses diet dengan konsumsi apel merah)

Bahaya Kulit Apel Merah

Credit to Google Image

Apel merah adalah salah satu buah import yang banyak dijual di pasaran. Kebanyakan buah ini mempunyai zat pengawet berupa lilin atau wax. Zat lilin diperlukan agar buah ini tidak cepat busuk saat dikirimkan ke berbagai negara. Dengan lilin, maka apel merah terlindungi dari masuknya bakteri ke dalam daging apel sehingga tak heran usia kadaluarsa apel merah bisa sampai setahun.

Penggunaan zat lilin di apel sayangnya berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Apalagi kandungan lilin sulit dicerna oleh enzim pencernaan tubuh kita. Akibatnya kulit apel yang belum dicerna langsung dibawa ke usus besar. Jika kita makan apel merah secara berlebihan maka dampaknya mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Lebih parah lagi jika kandungan lilinnya bukan lilin alami tetapi dari bahan petro. Lilin dengan bahan petro bersifat karsinogen pemicu kanker sehingga dilarang untuk dikonsumsi.

Membersihkan Kandungan Lilin Dalam Kulit Apel

Dengan demikian, demi keamanan sehingga konsumsi buah apel tidak berdampak negatif pada kesehatan maka kami anjurkan agar sebelum makan buah apel merah terlebih dahulu mengupas kulitnya agar kandungan lilinnya hilang sebab kita tidak tahu dari bahan lilin apa ia digunakan, dan apakah dampaknya hanya menyebabkan diare atau justru penyakit kanker. Intinya untuk keamanan, pastikan membuang kulit apel sebelum anda mengkonsumsi buah apel.

Dengan cara mengupas kulit apel dengan menggunakan pisau maka zat lilin pun akan enyah dari buah apel. Sehingga kita tidak perlu takut untuk makan buah yang mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Demikian penjelasan tentang bahaya kulit apel merah jika dimakan dan pencegahan agar zat lilin dari buah apel tidak masuk ke tubuh kita.



Source :bahaya apel merah; bahaya pohon apel merah; kulit apel berbahaya;