Bahan Alami untuk atasi Penyakit Maag Kronis dan Akut

Bagi banyak orang, maag mungkin tidak dianggap sebagai penyakit, karena gangguan lambung ini sangat lazim terjadi baik pada wanita maupun pria. Namun, penyakit maag yang dibiarkan tanpa penanganan dapat mengakibatkan gangguan yang lebih parah terhadap lambung dan usus. Sebenarnya, maag tidak hanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, namun juga oleh pola hidup, infeksi bakteri Helicobacter pylori, kekurangan vitamin B12, maupun penggunaan obat-obatan tertentu.


Penyakit maag - Fotolia

Penyakit maag – Fotolia

Penderita maag biasanya menunjukkan gejala yang berbeda-beda, mulai dari mual, muntah, perut terasa penuh dan sesak di bagian atas setelah makan, rasa panas pada perut, gangguan pencernaan, sakit perut, hilangnya selera makan, hingga BAB berwarna gelap. Pada kondisi penyakit maag akut, bisa jadi gejala tersebut sangat mengganggu dan bahkan menyakitkan.

Penyakit Maag dan Bahan Alami untuk Mengatasinya

Oleh sebab itu, penanganan yang tepat sangat diperlukan. Kabar baiknya adalah bahwa beberapa bahan alami diketahui dapat membantu anda mengatasi maag, di antaranya:

Manfaat jahe untuk mengatasi maag - Fotolia

Manfaat jahe untuk mengatasi maag – Fotolia

  • Jahe; ambil 1 sdt jahe segar dan cincang; masukkan ke dalam 1 gelas air panas. Tutup selama 10 menit. Saring, dan tambahkan madu. Minum secara perlahan 2 hingga 3 kali sehari selama lebih kurang 1 minggu. Atau, campurkan ½ sdm jus jahe dan madu. Konsumsi sebelum makan, 2 kali sehari, selama 1 minggu. Atau, anda cukup mengunyah 1 iris kecil jahe segar atau mengkonsumsi kapsul jahe.
  • Teh chamomile; teh herbal ini dikenal memiliki banyak khasiat, termasuk mengatasi penyakit maag kronis. Caranya: tambahkan 1-2 sdt bunga chamomile kering ke dalam 1 mangkok air panas. Tutup dan biarkan selama 5-10 menit. Saring, dan tambahkan madu. Kemudian, minum beberapa kali dalam sehari, selama 1 minggu
  • Yogurt; makanan ini kaya akan probiotics yang membantu melindungi usus anda dari infeksi H.pylori penyebab gangguan lambung. Selain itu, yogurt dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Caranya: konsumsi 2 hingga 3 mangkok yogurt tawar setiap hari hingga maag anda sembuh. Anda juga bisa mengkonsumsi smoothies dari campuran yogurt, madu, dan pisang. Minum 2 hingga 3 kali sehari untuk penyembuhan lebih cepat.
Manfaat yogurt untuk mengatasi maag - Fotolia

Manfaat yogurt untuk mengatasi maag – Fotolia

  • Strawberry; selain rasanya enak, strawberry juga dapat membantu penderita maag, berkat kandungan senyawa phenol di dalamnya. Caranya: seduh 1 sm daun strawberry kering ke dalam 1 mangkok air panas. Tutup selama 5 menit, dan saring. Minum 2-3 kali sehari. Untuk pencegahan, anda bisa mengkonsumsi beberapa buah strawberry setiap hari.

Selain beberapa bahan alami di atas, sebenarnya masih banyak bahan herbal lain yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit maag secara aman. Di antaranya adalah mengkonsumsi air kelapa setiap hari, konsumsi teh hijau secara teratur, dan menghindari beberapa makanan tertentu, seperti makanan asam, permen dan makanan manis, dan kopi.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

jahe untuk maag; air kelapa hijau untuk maag; teh kelor untuk penyakit maag; jenis ramuan tradisional obat sakit maag; efek cengkeh bagi penderita maag; cara memanfaatkan air kelapa hijau utk obat sakit maag; Cara Manfaatkan cengkeh untuk penyakit lambung; Bagaimana caranya mengomsumsi jahe untuk mengobati sakit maag; air kelapa ijo untuk penderita maag; air kelapa hijau bisa buat obat skit maag;

Content Protection by DMCA.com