Awas Bahasa Penyakit Kaki Gajah di Sekitar Anda!

Penyakit seperti kaki gajah atau yang dikenal dengan filariasis merupakan penyakit yang menular. Penyebab penyakit kaki gajah yang paling utama yaitu infeksi cacing filaria. Cacing tersebut ditularkan melalui beragam jenis nyamuk. Jika dipelajari, infeksi penyakit ini memiliki sifat menahun atau kronis. Penderita yang tidak segera mendapatkan pengobatan akan mengalami kondisi yang lebih parah dan bisa berujung pada kondisi cacat menetap. Cacat yang dimaksud adalah pembesaran yang terjadi pada kaki, alat kelamin, maupun juga bagian-bagian lainnya. Baik pria maupun wanita bisa menderita penyakit ini dan tak pandang bulu.

Penyakit kaki gajah

Penyakit kaki gajah (Uhmis2.doh)

Penyebab Penyakit Kaki Gajah Yang Menular

Penyakit yang menular ini bisa dikaitkan dengan efek-efek lain yang beragam. Sifat dari penyakit kaki gajah adalah menahun dan bisa menyerang secara umum pada siapa saja. Jika ada orang yang mengalami masalah ini dan tidak mendapatkan pengobatan sedini mungkin, mereka akan mengalami cacat pada pembengkakan bagian yang terserang. Cacat yang menetap karena disebabkan oleh penyakit ini akan berujung pada gangguan perkembangan psikologis penderita. Gangguan ekonomi akibat penyakit ini juga tidak kalah besar, karena penderita yang sudah cacat tidak akan bisa lagi beraktivitas seperti biasa dan membutuhkan pengobatan secara terus-menerus.

Kasus filariasis sudah ditemui di hampir seluruh wilayah di Indonesia, bukan hanya di wilayah pedesaan namun juga wilayah perkotaan. Penyebab utama dari penyakit ini adalah masuknya cacing filarialis yang disebarkan oleh nyamuk. Ada 3 jenis utama seperti Brugia Malay, Brugia Timor, dan Wuchereria Bancrofti. Lebih rumit lagi, penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit yang menular. Artinya, anggota keluarga penderita akan rentan terkena serangan yang sama, jika penderita digigit nyamuk vector, yang kemudian menggigit anggota keluarga lainnya.

Nyamuk adalah media penyebaran penyakit kaki gajah

Nyamuk adalah media penyebaran penyakit kaki gajah (Sehatcenter)

Gejala dan Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

Setelah seseorang digigit nyamuk vector, larva akan berkembang dan mencari makan dari darah penderita. Di bagian tersebut, cacing akan berkembang biak dan menyebabkan kondisi menjadi lebih parah lagi. Jika tidak diketahui dan ditangani secara cepat, penderita akan mengalami pembesaran atau pembengkakan pada bagian yang terinfeksi.

Selain mengetahui penyebabnya, kita juga perlu mengetahui gejalanya. Penderita akan mengalami demam yang berulang selama kurang lebih 5 hari. Demam bisa timbul tenggelam seiring berjalannya waktu. Setelah  beberapa waktu, akan terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening dan terasa panas serta berwarna kemerahan. Pengobatan yang dilakukan bisa secara herbal maupun konvensional namun harus segera dilakukan setelah mengetahui diagnosa penyakit tersebut.

Cara utama untuk mencegah penyakit kaki gajah adalah dengan membiasakan hidup sehat dan bersih. Gunakan lotion atau anti-nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk vector. Selain itu, pastikan tidak ada media perkembangbiakan nyamuk (seperti genangan air, ember cucian, bak mandi, dll) di sekitar tempat tinggal anda. kemudian, jangan membiarkan semak-semak tumbuh di sekitar tempat tinggal anda.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

obat penyakit kaki gajah -kaki gajah -mengapa pembengkakan terjadi pada penyakit kaki gajah -obat tradisonal kaki gajah -

Content Protection by DMCA.com