Atasi Nyeri Sendi Penyakit Rematik dengan Bunga Linden

Rematik merupakan kondisi yang lazim diderita orang dewasa, pria maupun wanita. Pada dasarnya, penyakit rematik disamakan dengan encok, pegal, nyeri sendi, maupun asam urat, karena memang gejalanya sama, yakni rasa pegal dan nyeri pada persendian. Dalam istilah medis, rematik juga disebut rheumatoid atau arthritis, yang berada di kelompok penyakit yang sama dengan osteoporosis.


Penyakit rematik - Shutterstock

Penyakit rematik – Shutterstock

Pada dasarnya, penyakit rematik tulang merupakan suatu kondisi yang dipengaruhi kekebalan tubuh dan menimbulkan radang pada selaput synovial (sejenis jaringan lunak yang melindungi sendi-sendi di dalam tubuh). Namun, jika dibiarkan, rematik dapat berakhir dengan pengeroposan tulang.

Penyakit Rematik dan Obatnya dengan Bunga Linden

Menggunakan bahan alami adalah salah satu solusi untuk mengurangi rasa sakit dan meringankan gejalanya. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati rematik adalah bunga pohon linden, atau yang dikenal dengan Tilia. Meski terdengar asing, sebenarnya pohon ini juga tumbuh di wilayah Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Daun dan bunga pohon linden - Shutterstock

Daun dan bunga pohon linden – Shutterstock

Ekstrak dari bunga linden telah lama digunakan dalam ilmu pengobatan tradisional Eropa untuk memberikan rasa hangat bagi penderita batuk dan pilek, serta mengatasi ketegangan otot, rasa lelah, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, insomnia, hingga ateriosklerosis. Ada juga masyarakat tradisional yang menggunakannya untuk menyeduh teh untuk mengobati kondisi yang sama.

Lalu, dari aman efek relaksasi otot didapatkan dengan menggunakan bunga linden? Jawabannya terdapat pada sejumlah zat aktif alami yang ada di dalamnya. Di antaranya flavonoid seperti quercetin. Antioksidan membantu mengurangi efek radikal bebas dan zat kimia tak stabil yang terbentuk pada kulit. Linden memberikan efek hangat pada sendi, karena kandungan zat tannin dan minyak volatile yang diketahui memberikan efek pendingin sekaligus pelindung terhadap sendi.

Cara Menggunakan Bunga Linden untuk Mengatasi Penyakit Rematik

Untuk mengobati penyakit rematik, bunga pohon linden biasanya dijadikan teh. Bahkan, di negara-negara Eropa, teh bunga linden sudah tersedia dalam kemasan siap seduh. Jika anda mendapatkan teh siap pakai, cukup seduh teh linden (yang terdiri dari 1 sendok teh bunga linden kering) dalam air mendidih selama 15 hingga 20 menit dan minum tiga kali sehari.

Teh bunga linden - Shutterstock

Teh bunga linden – Shutterstock

Namun, jika anda tidak memiliki kemasan siap pakai, maka anda bisa mengeringkan bunga pohon linden dan menggunakannya untuk menyeduh teh, dan minum setelah airnya disaring. Anda juga bisa mencampurnya dengan sedikit perasan lemon. Secara umum, bunga pohon linden cukup aman dikonsumsi, kecuali untuk orang-orang yang alergi terhadap zat aktif di dalamnya. Penderita sakit jantung tidak dianjurkan mengkonsumsi bunga linden, kecuali di bawah pengawasan dokter.

Selain itu, ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari konsumsi bunga linden, karena belum ada penelitian yang mengkonfirmasi keamanan maupun resikonya pada ibu hamil dan menyusui. Semoga informasi tentang penyakit rematik dan obatnya dengan bunga pohon linden bermanfaat untuk membantu membebaskan anda dari nyeri sendi dan pegal linu.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

kelebihan teh Linden; pohon linden bunga; Teh Linden;

Content Protection by DMCA.com