Apakah Penyakit Mata Dapat Membahayakan Jiwa?

Penyakit mata bisa dibilang sebagai penyakit sejuta umat. Pasalnya, hampir semua orang pernah mengalaminya. Banyak orang menganggap sepele penyakit mata. Padahal, bisa jadi penyakit tersebut menjadi pertanda awal kebutaan. Penyakit mata yang umum di derita banyak orang adalah mata merah. Dalam istilah kedokteran disebut konjugtivitis. Penyakit itu disebabkan bakteri atau virus yang menyerang konjungtiva.

Penyakit mata merah – Shutterstock

Penyakit mata merah – Shutterstock

Konjungtiva adalah selaput bening yang menutupi bagian putih mata serta pemukaan mata dalam kelopak mata. Karena disebabkan bakteri atau virus, maka penyakit mata merah termasuk penyakit menular. Adalah mitos jika banyak orang menyangka penularan penyakit mata merah melalui kontak mata atau mengobrol dengan penderita. Itu jelas anggapan yang salah. Penularan penyakit hanya bisa terjadi melalui pemakaian barang yang sama dengan penderita. Misalnya menggunakan tempat tidur yang sama, handuk atau kacamata.

Penanganan Penyakit Mata Merah

Selain itu, konjungtivitis juga bisa disebabkan alergi atau masuknya suatu benda ke dalam mata. Dalam hal ini, penyakit mata tidaklah menular. Di beberapa kasus, penyakit mata konjungtivitis bisa sembuh dengan sendirinya hanya dalam beberapa hari. Sementara sebagian kasus lainnya, penyakit mata butuh perawatan dan pengobatan.

  • Banyak istirahat dan berdiam di rumah agar tidak menular kepada orang lain.
  • Mengompres bagian yang terkena mata merah dengan es untuk mengurangi bengkak pada mata
  • Untuk mengurangi rasa gatal bisa dengan memercikkan air hangat. Tapi ingat, mata merah jangan pernah dikucek
  • Bila terkena penyakit mata merah adakalanya kita mendapati cairan yang keluar dari mata. Untuk hal ini, anda bisa membersihkannya dengan lap atau kapas yang sudah diberi air hangat.
  • Bila disebabkan bakteri, anda membutuhkan salep antibiotic khusus untuk mata. Hindari penggunaan salep dan obat tetes mata secara bersamaan
  • Untuk mengoleskan obat mata, pastikan tangan yang akan digunakan steril terlebih dahulu.
Penanganan penyakit mata merah – Shutterstock

Penanganan penyakit mata merah – Shutterstock

Penyakit Mata Glukoma dan Ancamannya

Bila penyakit mata merah menunjukkan gelaja yang nyata, tidak demikian halnya dengan penyakit mata glukoma. Gejalanya tidak terlihat secara langsung, namun dampaknya lebih fatal dan berpotensi kebutaan. Pada penyakit mata glukoma, cairan yang harusnya keluar lewat mata mengalami hambatan. Akibatnya terjadi penekanan bola mata sehingga aliran darah ke saraf menjadi terhenti.

Penyakit ini rentan menyerah manusia berusia 40 tahun ke atas, meski tidak tertutup kemungkinan menyerang siapa saja. Karena tidak memiliki gejala yang nyata, maka penyakit ini bisa menyerang secara tiba-tiba. Penanganan harus cepat dilakukan untuk menyelamatkan penglihatan.

Penggunaan obat mata – Shutterstock

Penggunaan obat mata – Shutterstock

Meski tidak memiliki gejala, kita bisa mendeteksi sendiri potensi adanya glukoma pada mata. Caranya, cukup dengan memandang cahaya lampu neon, jika anda melihat warna pelangi pada neon tersebut, maka glukoma sedang terjadi pada mata anda. Penderita glukoma juga sering merasa penglihatannya kabur dan ingin berkedip terus menerus. Selain itu, anda juga harus waspada jika dalam keluarga anda ada yang memiliki riwayat penyakit mata glukoma.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

mata -gambar mata -jenis penyakit yang membahayakan -mata merah terus -mata pria -mata sebagian merah -urat mata merah -

Content Protection by DMCA.com