Apakah Penyakit Kista Hanya Menyerang Wanita?

Kesehatan pada setiap organ dalam tubuh memang sangat penting untuk dijaga, karena hal itu merupakan harta manusia yang paling berharga. Tak sedikit penyakit yang mengancam kesehatan manusia yang sulit diketahui penyebab dan gejalanya. Salah satunya adalah penyakit kista. Anda tentunya tak asing dengan nama penyakit ini. Pasalnya, banyak wanita masa kini telah dinyatakan positif mengidap kista, terutama pada bagian rahim.

Penyakit Kista paa Wanita

Penyakit Kista pada Wanita

Kista termasuk golongan tumor jinak dan berbentuk seperti benjolan yang berisi cairan pada indung telur. Pada umumnya penyakit ini bukan hanya berkembang di satu titik saja, melainkan bisa menyerang otak, paru-paru dan juga usus. Polusi dan debu juga termasuk perantara yang dapat menyebabkan tumbuhnya kista, karena zat dioksin yang berasal dari asap pabrik serta gas dari kendaraan bermotor dapat menurunkan kekebalan tubuh manusia sehingga bakteri masuk dan mempercepat perkembangan kista.

Tipe Penyakit Kista Berdasarkan Tingkat Keganasannya

Bahaya penyakit kista pada wanita memang tengah menjadi perbincangan di masyarakat seiring dengan semakin banyaknya diagnosis kasus penyakit ini. Wanita yang mengalami sakit atau nyeri saat menstruasi biasanya dihantui ketakutan atas penyakit ini. Namun tak setiap nyeri haid dapat digolongkan sebagai sumber adanya kista pada rahim. Biasanya seseorang yang mengidap kista akan dibarengi muntah saat sedang datang bulan. Berikut adalah jenis kista menurut keganasannya:

  • Kista non-neoplastik. Kista jenis ini tak terlalu membahayakan karena sifatnya jinak akan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2 sampai 3 bulan.
  • Kista neoplastik; apabila seseorang menderita kista jenis neoplastik ini, maka penyakit kista dan obatnya harus melalui pengawasan dokter yang memiliki keahlian di bidangnya.

Letak Penyakit Kista

Jika kista pada seorang wanita terletak pada bagian rahim, maka berbeda halnya dengan pria. Pada umumnya penyakit kista pada pria kerap tumbuh pada testis, di mana tempat terjadinya pembentukan sel sperma dan hormon testosteron. Penyakit ini bisa berkembang di segala usia dan yang paling sering ditemui yaitu pada usia 40 tahun ke atas. Ketika masih berukuran kecil, para ahli biasanya tak akan mengambil tindakan pengobatan. Hal itu dikarenakan pertumbuhan dari kista seperti itu masih dianggap belum berbahaya.

Penyakit kista pada rahim

Penyakit kista pada rahimĀ (Alternative Surgery)

Akan tetapi, kista yang telah mempunyai ukuran besar justru akan lebih sakit dan dapat mengganggu kesehatan seseorang. Banyak dokter menganjurkannya pasien laki-lakinya untuk segera mengangkat dan mengoprasi penyakit tersebut. Alasannya karena bila tidak segera ditangani lebih lanjut, ada kemungkinan akan sangat sulit untuk pasangan penderita penyakit kista bisa hamil, karena penyakit ini dapat mempengaruhi sistem reproduksi.

Penyakit kista memang cukup menyeramkan bagi, terutama bagi wanita. Berbagai jenis dan tipenya dapat menyerang tubuh manusia di saat mereka lengah akan kesehatannya. Meskipun wanita yang kerap menjadi sasaran kista, hal itu tak menutup kemungkinan bahwa pihak laki-laki juga bisa menjadi mengidap penyakit yang satu ini.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

penyakit kista pada pria -contoh kista pada laki laki -kista pada laki laki -