Apakah Penyakit Diabetes Dapat Dicegah?

Selain penyakit jantung dan kanker, penyakit diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang banyak merenggut nyawa manusia di dunia ini. Penyakit ini terjadi akibat penumpukan gula di dalam darah karena kinerja pankreas mengalami gangguan dalam memproduksi hormon insulin sehingga terlalu sedikit insulin yang dihasilkan.

Menghindari makanan manis dapat mencegah penyakit diabetes

Menghindari makanan manis dapat mencegah penyakit diabetes

Selain itu, bisa juga yang terjadi adalah resistensi insulin atau sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap hormon insulin sehingga gula tidak dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh. walaupun semua sel tubuh membutuhkan gula agar dapat melakukan fungsinya secara normal, tetapi penumpukan gula dalam darah akan dapat mengganggu kesehatan.

Tentang Penyakit Diabetes Insipidus

Walaupun yang lebih banyak diketahui oleh masyarakat awam adalah tentang diabetes melitus, sebaiknya kita juga menambah pengetahuan tentang tipe penyakit diabetes insipidus. Penyakit ini adalah suatu kelainan pada tubuh karena kekurangan hormon antidiuretik sehingga menyebabkan pengeluaran air seni yang sangat encer atau disebut poliuri. Penyakit ini juga menyebabkan penderita merasakan haus yang berlebihan atau polidipsi.

Diabetes mellitus ini dipicu oleh turunnya produksi hormon vasopresin yang bertugas mencegah keluarnya air seni terlalu banyak. Selain itu penyakit ini bisa juga terjadi karena organ ginjal tidak bereaksi secara normal terhadap hormon antidiuretik sehingga yang bersangkutan menderita penyakit diabetes insipidus nefrogenik.

Pencegahan Terhadap Penyakit Diabetes Mellitus

Mulai sekarang sebaiknya banyak-banyaklah mencari informasi tentang penyakit diabetes dan pengobatannya karena  pada stadium lanjut penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi pada organ tubuh yang lain dan syaraf. Yang dapat dilakukan oleh pasien diabetes adalah sebagai berikut:

  • Disiplin menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan seimbang juga meningkatkan aktifitas fisik seperti olahraga yang bersifat aerobik. Upaya ini akan memberikan hasil berupa berat badan yang ideal, kadar glukosa darah menjadi normal, dan¬† memperkecil resiko terjadinya komplikasi.
  • Penderita diabetes juga direkomendasikan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memonitor hasil pengobatan. Jika pada jangka waktu yang ditentukan kadar glukosa darah belum mencapai normal sebagaimana harapan dokter, maka obat untuk dikonsumsi atau insulin akan disesuaikan.
  • Dengan alat yang disebut glukometer sebenarnya pasien dapat melakukan pemantauan kadar glukosa darah secara mandiri di rumah.

Faktanya penyakit diabetes adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan dengan total, tetapi penyakit ini masih dapat dikontrol asalkan pasien bersedia melakukan diet untuk mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Dengan mengikuti anjuran dokter penderita diabetes masih dapat menjalankan hidup dengan wajar dan normal sama seperti orang lain yang sehat.

Berdasarkan uraian di atas tentu sedikit banyak informasi tentang penyakit diabetes dapat membantu Anda memberikan sedikit gambaran tentang penyakit yang berbahaya ini. Sebagai langkah antisipasi mulai saat ini terapkan pola hidup dan makan yang sehat dalam keseharian Anda.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

penyakit diabetes -gambar penyakit diabetes -Kencing manis merenggut nyawa -penyakit diabet -

Content Protection by DMCA.com