Apakah Anda Beresiko Terkena Penyakit Meningitis?

Bagi Anda yang belum pernah mendengar tentang penyakit meningitis, penyakit ini menyerang selaput pelindung jaringan otak atau yang sering disebut meningen dan sumsum tulang belakang dengan gejala peradangan. Secara umum penyebab penyakit berbahaya ini adalah mikroorganisme berupa jamur, virus, bakteri atau parasit, dan bisa juga dipicu oleh penyakit kanker, luka fisik, obat-obatan tertentu dan lain sebagainya. Resiko terburuk yang bisa terjadi akibat penyakit otak ini adalah kerusakan pikiran dan sistem motorik bahkan hingga pada kematian.


penyakit meningitis pada orang dewasa

penyakit meningitis pada orang dewasa (Sumber: Medicalrise)

Penyakit Meningitis dan Gejalanya

Penyakit yang menyerang otak ini tergolong serius sehingga penderitanya harus mendapatkan penanganan medis secara intensif dan cepat untuk mencegah terjadinya resiko yang fatal. Dokter pada umumnya akan melakukan terapi dan pengobatan sesuai dengan penyebabnya. Meningitis ini tidak pandang bulu dalam menyerang korban,  yaitu bisa pada anak-anak tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Sejak vaksin untuk penyakit ini ditemukan, maka orang dewasa menjadi lebih beresiko untuk terserang penyakit radang selaput otak ini.

Gejala umum penyakit meningitis pada orang dewasa adalah leher terasa sakit dan kaku terutama pada saat penderita mencoba menunduk secara maksimal untuk menempelkan dagunya pada dada. Gejala lain yang sering juga terjadi adalah sakit kepala hebat disertai demam, muntah, kejang, bahkan pasien dapat kehilangan kesadaran. Pada penderita anak-anak tak ada gejala yang spesifik, sehingga sulit terdeteksi secara dini.

Kelompok Beresiko Terhadap Meningitis Pada Orang Dewasa

Pertanyaan yang mungkin terngiang dalam benak kita adalah penyakit meningitis apa sudah cukup dikenal oleh masyarakat atau belum? Jawabannya adalah banyak penduduk yang masih awam terhadap penyakit radang selaput otak ini. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk bersikap waspada dan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima terutama bagi yang beresiko terserang penyakit berbahaya ini.

Sakit kepala hebat adalah salah satu gejala meningitis

Sakit kepala hebat adalah salah satu gejala meningitis (Sumber: Mnn)

Berikut adalah kelompok yang beresiko tinggi mengalami penyakit meningitis pada orang dewasa:

  • Kelompok orang yang tinggal di hunian padat; Orang-orang yang tergolong beresiko tinggi terserang penyakit ini adalah mereka yang tinggal di hunian padat penduduk seperti asrama mahasiswa, rumah kost, pangkalan militer, dan lain-lain. Penyebaran penyakit akan terjadi lebih cepat di tempat-tempat seperti ini.
  • Wanita hamil; Ibu yang tengah mengandung akan mengalami peningkatan kontraksi listeriosis atau infeksi yang dipicu oleh bakteri listeria. Kondisi ini menyebabkan ibu hamil dan janinnya beresiko terserang penyakit radang selaput otak.
  • Peternak atau pemilik petshop; orang-orang yang berprofesi berdekatan dengan hewan seperti pemilik toko hewan peliharaan atau peternak juga berpotensi untuk terserang meningitis yang disebabkan oleh bakteri listeria.

Untuk mencegah terserang penyakit meningitis, cara yang dapat kita tempuh adalah selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Jangan saling meminjam untuk barang-barang pribadi seperti handuk, pakaian, juga peralatan makan. Semoga bermanfaat.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

meningitis pada orang dewasa; gejala meningitis pada orang dewasa; gejala meningitis; gambar orang sakit kepala; penyebab meningitis pada orang dewasa; pertanyaan tentang meningitis; ciri ciri meningitis pada orang dewasa; pertanyaan seputar meningitis; ciri2 penyakit meningitis; tentang penyakit meningitis;

Content Protection by DMCA.com