Apa Saja Penyebab Penyakit Demam Berdarah?

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang menjangkiti banyak orang di Indonesia baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Untuk mencegah penyakit ini, kita harus mengatahui penyebab penyakit demam berdarah. Penyakit ini pada dasarnya diserbarkan oleh nyamuk aedes agypti yang membawa virus dengue. Virus tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami demam tinggi secara tiba-tiba dan disertai banyak sekali gejala dan efek-efek lain. Nyamuk ini mudah berkembang biak pada lingkungan kumuh dan berkubang. Jika sudah demikian, maka kebiasaan dari seseorang akan menentukan besar kecilnya resiko terjangkiti.

Aedes agypti penyebab demam berdarah

Aedes agypti penyebab demam berdarah

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Faktor Resikonya

Penyakit demam berdarah memang tergolong penyakit akut. Ada beberapa virus yang berbeda yang menyebabkan penyakit ini. Nyamuk yang menyebarkan penyakit ini tersebar pada seluruh belahan bumi termasuk Indonesia, di mana masih banyak terdapat pemukiman yang kumuh. Hujan dan kondisi lahan yang lembab menjadi sarang yang nyaman untuk nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak. Sistem imun yang buruk juga sering menyebabkan mudahnya seseorang dalam terjangkiti virus tersebut. Infeksi akan menyebar keseluruh tubuh dan mempengaruhi kondisi keseluruhan tubuh. Jika terlambat ditangani, bahkan demam berdarah bisa menyebabkan kematian.

Penelitian menunjukkan bahwa penyakit demam berdarah lebih banyak menjangkiti wanita yang memiliki usia dibawah 12 tahun dan merupakan anggota ras kaukasia. Resiko penyakit ini semakin meningkat pada mereka yang tidak mempunyai sistem antibodi yang bagus saat pertama kali infeksi menyerang. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menanggulangi virus tersebut adalah dengan memperhatikan kualitas lingkungan. Menguras penampungan air wajib dilakukan. Mereka yang mengabaikan hal tersebut akan mendapatkan resiko lebih besar untuk terjangkiti demam berdarah. Penyakit ini sudah menelan banyak korban dan faktanya akan semakin bertambah.

Cara Menanggulangi Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Aspek utama yang perlu diperhatikan dalam menanggulangi masalah penyakit demam berdarah adalah dengan memanfaatkan ikan-pemakan jentik dari nyamuk yang membawa virus tersebut. Zat kimia juga sering dilibatkan dalam aktifitas penanggulangan masalah wabah demam berdarah. Zat yang dimaksud adalah bubuk abate. Bubuk ini biasanya diberikan pada tempat-tempat penampungan yang sering dijadikan sebagai tempat berkembang bak nyamuk tersebut. Demam berdarah akan lebih baik dihindari dibandingkan diobati. Gejala yang sering muncul adalah panas demam tinggi yang bisa berlangsung 7 hari, disertai rasa ngilu, dan penderita akan tampak lesu.

Pengetahuan tentang penyebab penyakit demam berdarah dan penanganannya bisa diperoleh dari berbagai sumber, termasuk dari tenaga kesehatan dan internet. Seringkali, penderita maupun orang tua salah mengartikan gejala demam berdarah dengan demam yang biasa. Namun bintik-bintik merah pada kulit bisa menjadi indikator utama penyakit ini. Rawat inap dan juga obat herbal sering dimanfaatkan untuk mengatasi demam tersebut. Metode herbal dipercaya memberikan efek yang baik tanpa disertai resiko yang membahayakan tubuh.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

penyebab demam berdarah -