Apa Saja Penyakit Menular Yang Menyerang Manusia?

Bagaimana penyakit menular dapat diderita oleh orang? Sudahkah mengetahui penyakit apa saja yang menular dan cara pencegahannya? Penyakit yang diderita setiap orang memang berbeda antara satu dengan yang lain. Masing-masing penyakit memang memiliki metode serangan, mekanisme penularan, dan penyembuhan tersendiri. Ada penyakit yang yang dapat ditularkan kepada orang lain. Penyakit seperti ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus dengan berbagai macam mekanisme.


Tuberkulosis, contoh penyakit menular

Tuberkulosis, contoh penyakit menular (Obatazik)

 

Penyakit Menular dan Mekanisme Penularannya

Semakin sulitnya masyarakat untuk peduli dengan penyakit yang sedang dialami oleh dirinya atau dialami oleh orang lain menjadi faktor ketidak tahuan tentang penyebaran penyakit. Pada saat ini berbagai macam penyakit menular sudah banyak dan membahayakan orang lain. Berbagai macam cara penyebaran virus, bakteri dan parasit ini terjadi agar tubuh mendapatkan reaksi yang sama dengan penderita atau pasien. Bahkan dapat menimbulkan dampak yang lebih berbahaya dari penderita sebelumnya.

Pilek adalah contoh penyakit menular melalui pernafasan

Pilek adalah contoh penyakit menular melalui pernafasan Aztamao

Kulit, menjadi media utama dalam penyebaran penyakit ini. Adanya kontak satu dengan yang lainnya dengan menggunakan media langsung. Kulit merupakan bagian tubuh yang melekat dan menutupi daging. Selain itu udara juga mempengruhi proses penyerbaran penyakit tersebut, seperti pernapasan, udara sekitar penderita penyakit dan lingkungan yang kumuh atau kotor. Bahkan air dapat menjadi media berbahaya yang menyebarkan sebuah penyakit.

Berbagai macam penyakit yang dapat menular antara lain TBC, Rabies, Skabies, Antraks, Influenza, Meningitis, Rubella, Kolera dan Hepatitis. Segala penyakit tersebut tersebar melalui kontak langsung (kulit), air maupun udara. Virus, bakteri dan parasite yang ada pada media tersebut tidak dapat dilihat kasat mata, sehingga masyarakat perlu mencermati keadaan yang ada pada lingkungan sekitar. Namun, tidak semua penyakit dapat menular, ada penyakit tidak menular dan masih aman jika berdekatan dengan penderita.

Berbagai Macam Penyakit Tidak Menular

Penyakit yang tidak menyebar dari satu orang ke orang lain adalah penyakit yang tidak disebabkan oleh adanya infeksi pada bagian tertentu ditubuh. Dalam berbagai macam penyakit yang tidak menular ini sebagian masyarakat mungkin sudah tahu jenis-jenisnya. Akan tetapi tidak ada salahnya jika masyarakat lebih mengenali secara jauh penyakit-penyakit yang tidak dapat menyebar ke orang lain.

Stroke adalah penyakit tidak menular

Stroke adalah penyakit tidak menular (Jamusunda)

Jantung koroner adalah salah satu penyakit yang tidak menular karena tidak adanya virus atau bakteri yang menularkan penyakit tersebut. Penyakit tidak menular lainnya seperti stroke, diabeles mellitus, kecelakaan, maag, asma dan kanker. Segala penyakit tersebut tidak akan menimbulkan dampak kepada orang lain. Walaupun terjadinya kontak kulit, udara dan air.

Jadi penyakit menular dapat menyebar dari pasien ke orang lain. Sehingga masyarakat perlu mengantisipasi dengan mengurangi kontak-kontak lewat kulit, mengetahui lingkungan udara yang ada disekitar dan mewaspadai kebersihan air yang sedang dipakai. Hal-hal kecil tersebut dapat melindungi masyarakat dari adanya penularan sebuah penyakit.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

apa sajakah penyebab penyakit yang diderita manusia; penyakit yang menyerang manusia melalui udara; apa sajakah penyebab penyakit yang di derita manusia?; apa sajakah penyebab penyakit; apa saja penyebab penyakit yang diderita oleh manusia; sekarang penyakit macam macam; Apa sajakah penyebab penyakit yang diderita oleh manusia?; apa sajakah peyebab penyakit yang diderita manusia; apasajakah penyebab penyakit yang di derita manusia; foto penyakit menular;

Content Protection by DMCA.com