Apa Saja Jenis Penyakit TBC Yang Harus Anda Kenali?

Penyakit TBC atau secara ilmiah dikenal dengan tuberculosis telah menjadi sebuah wabah endemik dengan jumlah pasien yang sangat besar di dunia. Prosentase kematian karena penyakit ini juga sangat tinggi; padahal penyakit ini bukanlah sebuah penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Penyakit yang diakui sangat sulit dibendung ini dapat disembuhkan jika teridentifikasi secara dini dan berobat secara teratur ke puskesmas atau rumah sakit.

penyakit tbc

penyakit tbc (Sumber: Jurnalwarga)

Jenis dan Karakteristik Penyakit TBC

Jika selama ini anda hanya mengenal penyakit TBC paru, sebenarnya ada 3 jenis Tuberculosis. Masing-masing memiliki gejala yang berbeda.

Penyakit TBC paru

Jenis TBC ini paling lazim terjadi. TBC paru dapat diketahui melalui beberapa gejala, salah satunya adalah batuk berdahak terus-menerus selama kurang lebih tiga minggu. Selain itu, penderita berkeringat pada malam hari dengan alasan yang kurang jelas (tanpa melakukan aktivitas fisik). Selama itu juga badan akan terasa semakin melemah dan nafsu makan menurun. Dada penderita juga akan terasa sesak dan nyeri serta batuk yang diderita lama kelamaan akan disertai darah. Sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter jika anda menemukan gejala ini pada diri atau anggota kelurga anda.

Tuberkulosis Tulang

Berbeda dengan penyakit TBC yang menyerang paru-paru, penyakit TBC tulang, memiliki ciri khas selain ciri umum TBC; penderita biasanya merasakan pegal-pegal dan nyeri pada tulang. Sendi-sendi yang sakit terlihat bengkak dan penderita merasa sulit bergerak. Selain itu, daerah kulit di mana tulang diserang akan terlihat berwarna merah kebiruan seperti terdapat memar. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini dapat berakibat kelumpuhan.

Gejala TBC Tulang

Gejala TBC Tulang (Sumber: Thehealthsite)

Tuberkulosis Kelenjar

Berbeda dengan TBC paru-paru dan tulang, penyakit TBC kelenjar menyerang area kelenjar getah bening pada tubuh dan bagian seperti pada leher, ketiak, atau lipatan paha. Meskipun gejalanya sama seperti batuk dan berkeringat dingin, tipe Tuberculsos ini menimbulkan benjolan pada daerah-daerah yang rawan terkena TBC. Benjolan awalnya berukuran kecil; namun, jika dibiarkan akan terus membesar.

Tonjolan getah bening dapat menandai adanya TBC Kelenjar

Tonjolan getah bening dapat menandai adanya TBC Kelenjar (Sumber: Obattradisionalhipertensi)

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit TBC

Bakteri TBC banyak tersebar di udara sehingga penularannya lebih cepat seperti flu. Untuk mencegahnya adalah untuk menghindari kontak fisik dengan penderita TBC tanpa perlindungan seperti masker. Karena hanya dengan berbicara dan berhadapan dengan penderita TBC yang batuk dan bersin dapat berpotensi menularkan penyakit ini.

Penyakit TBC dapat disembuhkan secara total dengan mengkonsumsi obat-obatan secara kurang lebih enam bulan secara teratur. Dalam proses kesembuhan penderita juga diharuskan untuk beristirahat total secara jasmani dan rohani agar penyakit dapat segera diembuhkan. Untuk penderita TBC yang sangat parah pembedahan merupakan salah satu jalan yang terbaik. Namun karena kondisi penderita TBC biasanya sudah melemah maka kombinasi dengan obat-obatan akan menjadi pilihan terbaik.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

ada berapa macam tuberculosis -tb tulang belakang -tb tulang adalah -penyakit tbc tulang -Paru tulang -macam sakit TBC -macam ppenyakit tbc -gejala tbc tulang belakang -gejala penyakit tbc tulang belakang -cara mengobati tb tulang -tbc tulang belakang -