Apa Itu Penyakit Parkinson dan Bagaimana Penanganannya?

Kesehatan merupakan kebutuhan setiap orang. Tanpa tubuh yang sehat, tentu akan susah beraktivitas. Tidak bisa sekolah, tidak bisa kerja, tidak bisa bersenang-senang. Maka dari itu banyak cara dilakukan orang untuk menjaga kesehatan misalnya dengan cara berolahraga, menjaga pola makan, diet, berpikiran positif, mengkonsumsi vitamin, dan sebagainya. Hal-hal tersebut dilakukan semata-mata dilakukan untuk mencegah terserangnya berbagai macam penyakit salah satunya penyakit Parkinson.

Penyakit-Parkinson (Kuherbal)

Penyakit-Parkinson (Kuherbal)

Penyakit ini ditandai dengan hambatan dalam bergerak, tremor atau gemetar yang terjadi dari atas ke bawah. Biasanya menyerang anggota gerak tubuh bagian atas. Penyakit ini biasanya menyerang para lansia. Ada beberapa gejala penyakit Parkinson pada lansia antara lain:

  • Keluarnya air liur dan susah menelan makanan
  • Tremor ketika sedang istirahat
  • Kaki terasa kaku sehingga harus diseret ketika berjalan
  • Hilangnya keseimbangan, dan
  • Timbul kecenderungan tubuh untuk membungkuk
  • Susah bergerak bahkan hingga pada mimic wajah.

Kisaran usia yang mengidap penyakit ini biasanya di atas enam puluh tahun. Meskipun hampir di setiap Negara pasti ditemukan penyakit ini, namun penyakit Parkinson umumnya menyerang orang-orang di Eropa dan Amerika. Walaupun seringkali menyerang lansia, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga menyerang orang-orang dengan usia muda. Riset menunjukkan bahwa dua dari empat puluh orang di bawah usia empat puluh tahun mengidap penyakit ini.

Penyakit Parkinson dan Cara Pengobatannya

Belum diketahui secara jelas dan tepat apa obat dari penyakit ini. Biasanya obat untuk para penderita Parkinson hanya berguna untuk mengurangi atau mengendalikan gejala yang timbul, atau untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Kebanyakan pengobatan bisa berhasil setelah dilakukan setelah bertahun-tahun. Tentu saja ada selama masa pengobatan ada beberapa yang harus dilakukan untuk mendukung penyembuhan. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Datang ke dokter neurologi untuk mengetahui pengobatan yang paling baik untuk penyakit Parkinson.
  • Melakukan operasi bedah otak (neurosurgery). Tetapi tidak semua pasien Parkinson dapat melakukan tahap pengobatan ini. Tentu saja harus ada pemeriksaan lebih lanjut dari dokter, dan ada persetujuan.
  • Terapi fisik. Ada macam-macam terapi fisik yang dapat dilakukan untuk pasien penyakit Parkinson antara lain: terapi bahasa dan bicara, fisio terapi, dan occupational therapy.
  • Dengan beberapa obat. Namun ada efek sampik dari obat ini yaitu pasien akan mengalami gejala seperti gerakan yang tidak wajar. Tindakan tersebut dikenal dengan sebutan, impulsive, compulsive, dyskinesia behavior.
  • Belajar mengurangi stress dan depresi dengan melakukan meditasi, atau aktivitas lainnya.
  • Menjaga pola makan. Makan makanan sehat dan bergizi.
  • Melakukan olahraga secara teratur.

Parkinson bukanlah tipe penyakit mematikan, namun gejalanya yang semakin lama semakin buruk, tentu akan membuat keadaan penderita menjadi semakin buruk. Penyakit Parkinson dan pengobatannya perlu diketahui agar kita bisa menghindarinya sejak dini dengan melakukan pola hidup sehat.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

buah untuk penderita parkinson -terapi alami u/ penyakit parkinson -penyakit parkinson pada lansia -penyakit parkinson ditandai dengan terjadinya -penyakit parkinson ditandai dengan -penyakit parkinson -makanan yang cocok untuk penyakit parkinson -makanan yang baik untuk penderita parkinson -makanan untuk parkinson -makanan buat penyakit parkinson -terapi parkinson -

Content Protection by DMCA.com