Aneka Pilihan Sumber Asupan Nutrisi Pada Ibu Hamil

Saat-saat kehamilan adalah masa yang paling dinantikan oleh wanita yang sudah menikah. Namun fase kehamilan juga merupakan sesuatu yang beresiko bagi ibu hamil karena membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk kesehatan sang bunda maupun bayi. Ada banyak jenis nutrisi pada ibu hamil yang harus diperhatikan dan tidak semua ibu memahami pilihan-pilihan tersebut. Pada fase-fase kehamilan, tentu nutrisi yang dibutuhkan tentunya lebih banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari bunda dan sang jabang bayi. Namun ada banyak sekali nutrisi wajib untuk dikonsumsi. Nutrisi-nutrisi ini bisa diperoleh setiap hari.

Nutrisi untuk ibu hamil

Nutrisi untuk ibu hamil

Nutrisi Pada Ibu Hamil Dari Bayam

Pilihan nutrisi yang pertama adalah bayam. Sebagai nutrisi untuk ibu hamil, bayam bisa memberikan asupan asam folat yang sangat tinggi. Asam folat amat dibutuhkan untuk membentuk dan membangun syaraf dengan sempurna pada jabang bayi. Pada awal-awal kehamilan, bayam adalah kebutuhan yang paling sempurna untuk ibu hamil. Bayam memiliki kandungan kalsium yang sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, bayam juga dapat menjadi sumber nutrisi seperti zat besi yang dapat membantu produksi pembentukan darah. Saat dirahim, bayi amat membutuhkan asupan darah yang banyak sehingga bayam dapat menjadi sumber terbaik.

Bayam sebagai sumber nutrisi ibu hamil

Bayam sebagai sumber nutrisi ibu hamil

Ragam Pilihan Nutrisi Pada Ibu Hamil

Telur

Sumber nutrisi bagi ibu hamil berikutnya adalah telur. Telur berfungsi untuk meningkatkan kesehatan bagi sang ibu maupun jabang bayi. Kandungan yang dimiliki telur adalah kolin, lemak omega 3, dan juga kolin. Kandungan dan nutrisi tersebut amat cocok untuk menyuplai kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan otak pada janin selama fase kehamilan. Ibu hamil amat disarankan untuk mengkonsumsi telur ayam yang organik yang mana tidak mengandung zat kimia sama sekali. Kandungan kimia pada telur akan merusak kesehatan dan hal ini akan menjadi alasan untuk memilih yang organik.

Telur sebagai sumber nutrisi ibu hamil

Telur sebagai sumber nutrisi ibu hamil

Nasi merah

Selanjutnya, ibu hamil dapat memanfatkan sumber nutrisi dari nasi merah. Karbohidrat adalah sesuatu yang paling penting untuk ibu hami. Energi bisa didapatkan dari nasi merah tanpa harus memberikan efek buruk pada diabetes. Nasi merah memiliki kandungan serat yang amat tinggi dan juga kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh pada fase kehamilan baik untuk kesehatan sang bunda maupun jabang bayi. Selain itu, daging tanpa lemak juga bisa berfungsi secara baik untuk memberikan asupan gizi di plasenta. Kandungan protein adalah yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal pada daging tersebut.

Nasi merah sebagai sumber nutrisi ibu hamil

Nasi merah sebagai sumber nutrisi ibu hamil

Kacang-kacangan

Selain itu, kacang-kacangan juga bisa dimanfaatkan secara bagus untuk asupan nutrisi pada ibu hamil terutama dalam hal protein dan serat. Kandungan serat pada kacang-kacangan bisa mengurangi resiko sembelit pada ibu hamil dan juga gangguan kehamilan. Ada banyak pilihan juga seperti kacang hitam, buncis, kacang almond, dan lain sebagainya. Selain itu, ubi jalar juga bisa menjadi sumber nutrisi terbaik sang ibu hamil.

Kacang-kacangan sebagai sumber nutrisi ibu hamil

Kacang-kacangan sebagai sumber nutrisi ibu hamil

Content Protection by DMCA.com