Alternatif Pilihan Makanan Untuk Asam Urat

Bagi orang yang telah berusia lebih dari 30 tahun seharusnya mulai mewaspadai bahaya akan penyakit asam urat yang biasanya akan menyerang pada usia ini. jangan anggap remeh penyakit yang satu ini, jika sedang kumat para penderitanya akan benar-benar merasa sakit dan linu pada tulang sampai menusuk-nusuk. Gejala yang dapat dirasakan dari asam urat memang mungkin tidak akan terasa saat awal namun penyakit tentunya perlu dicegah. Dengan mengkonsumsi makanan untuk asam urat para penderita asam urat dapat meminimalisirkan rasa sakit dan menghilangkan asam urat.

Asam urat (meetdoctor)

Asam urat (meetdoctor)

Makanan Untuk Asam Urat yang Baik untuk Kesehatan

Asam urat sendiri sebenarnya adalah senyawa yang dihasilkan ketika tubuh memecah zat yang terkenal dengan nama purin. Asam urat merupakan senyawa heterosiklik yang terdiri dari nitrogen, karbon, hydrogen dan oksigen. Purin sendiri dapat ditemukan dari makanan seperti

  • hati,
  • makanan dari kacang-kacangan,
  • bir,
  • alcohol dll.

Asam urat merupakan limbah yang dihasilkan dari zat yang memecah zat purin dan limbah ini nantinya akan dialirkan darah melalui ginjal dan keluar dari tubuh melalui proses buang air kecil.  Makanan untuk asam urat ini membantu melancarkan proses pembuangan limbah asam urat yang tertumpuk dalam tubuh dan membahayakan bagi penderitanya dalam jangka panjang.

makanan untuk asam urat (obatnyerisendi)

makanan untuk asam urat (obatnyerisendi)

Mudah Menemukan Makanan Untuk Asam Urat

Semua orang sebenarnya memilki asam urat namun kadarnya berbeda satu dengan yang lainnya.  Asam urat menjadi sangat berbahaya bagi tubuh ketika terlalu banyak menumpuk dan tertimbun dalam tubuh dan tidak bisa dikeluarkan dalam tubuh. Asam urat ini nantinya akan berpindah ke sendi-sendi tulang baik kaki maupun tangan dalam bentuk Kristal secara bertahap dan nantinya akan menimbulkan rasa sakit pada daerah sendi. Ada beberapa makanan untuk asam urat yang dapat dikonsumsi oleh para penderita asam urat untuk menguraikan asam urat dalam tubuh atau sebagai pencegahan bagi yang belum merasakan sakit.

  • Makanan bervitamin C

Vitamin C mampu menguraikan asam urat dalam darah dan mengalirkannya melaui urin. Ada banyak makanan yang mengandung vitamin c seperti buah jeruk, buah pome, cabai, dll. Mengkonsumsi banyak vitamin C juga sangat baik untuk kekebalan tubuh.

  • Ceri

Ceri memiliki sifat yang anti inflasmasi sehingga dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

  • Susu rendah lemak

Semua produk susu yang rendah lemak dapat mengurangi resiko penyakit asam urat. Ada banyak jenis makanan yang dibuat dari susu rendah lemak seperti yogurt, pudding dan susu murni.

  • Jeruk nipis

Kelebihan dari jeruk nipis yaitu dapat membersihkan tubuh dari asam urat. Cukup dengan minum air perasan jeruk nipis dengan air hangat.

  • Air putih

Air putih merupakan obat alami bagi penyakit apapun karena sifatnya yang membersihkan tubuh. Mengkonsumsi air putih dengan porsi yang benar akan mengurangi resiko penyakit apapun termasuk asam urat.

Itulah tadi beberapa makanan untuk asam urat yang dapat membantu para penderita asam urat untuk mengurangi kadar asam urat yang ada dalam tubuh dan untuk mencegah menumpuknya asam urat dalam tubuh.