Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil Bagi Kesehatan

Apakah anda sering menahan buang air kecil? Akibat kepepet waktu atau memang karena malas ke toilet menjadi alasan untuk sebagaian orang untuk menahan buang air kecil. Tentu saja hal ini tidak baik, sebab akan ada akibat sering menahan buang air kecil bagi kesehatan.

Kebiasaan buruk menahan buang air kecil menimbulkan kemungkinan resiko gangguan kesehatan yang tentunya akan mengganggu kualitas hidup anda. Berikut ini beberapa dampak negatif akibat menahan buang air bagi kesehatan:

Akibat Kebiasaan Sering Menahan Buang Air Kecil Bagi Kesehatan Tubuh

1. Resiko Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Kita tahu bahwa urine adalah cairan yang terdiri atas kotoran yang perlu dibuang oleh tubuh. Semakin lama anda menahan buang air kecil maka semakin lama kotoran tersebut di tubuh anda. Bahayanya, kotoran tersebut mengandung sejumlah zat berbahaya yang bisa mengakibatkan infeksi pada saluran kencing.

Ibarat sampah di rumah anda, apakah anda tetap menyimpannya di dalam rumah? Tentu saja tidak. Demikian halnya dengan air seni yang merupakan kotoran yang sudah semestinya dibuang melalui buang air kecil.

Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil Bagi Kesehatan

2. Gangguan Ginjal

Akibat sering manahan buang air kecil bagi kesehatan dapat menyebabkan masalah pada organ penting, salah satunya infeksi pada ginjal. Akibat sering menahan kencing maka ginjal anda bisa membengkak sebab ada penumpukan urine. Selain itu urine juga bisa menjadi batu ginjal karena penupukan urine.

3. Kerusakan pada otot dari dinding kantong kemih

Sering menahan kencing bisa mengganggu fungsi otot dinding kantong kemih yang pada akhirnya dapat menyebabkan inkontinensia urin atau tidak dapat menahan kencing.

4. Gangguan kemampuan untuk merasakan saat tiba waktunya untuk kencing

Sistem tubuh manusia itu sangat hebat. Contohnya, jika anda terbiasa makan makanan pedas, maka tubuh anda akan beradaptasi untuk menahan pedas dan pada akhirnya akan merasakan tidak terlalu pedas. Demikian pula dengan terlalu sering menahan kencing maka dampaknya bisa mengganggu kemampuan untuk merasakan saat tiba waktunya untuk kencing.

5. Anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah istilah kondisi nyeri yang terjadi saat buang air kecil. Anyang-anyangan terjadi karena kebiasaan menahan buang air kecil dan menjadi tanda-tanda munculnya ISK.

Seperti telah dijelaskan diatas, akibat menahan buang air kecil bagi kesehatan dapat menyebabkan infeksi saluran kencing (ISK) dan infeksi pada ginjal. Setelah terjadi infeksi maka bakteri dan kuman bisa memperparah infeksi yang terjadi sehingga bisa berkembang menjadi sel kanker. Beberapa penyakit kanker yang terjadi karena masalah pada saluran pencernaan seperti kanker prostat, kanker serviks, kanker rahim, dan kanker kelenjar getah bening.

Agar terhindar dari gangguan kesehatan tersebut, maka jangan sering menahan buang air kecil, minum air putih yang cukup, makan makanan berserat, dan berkonsultasi dengan dokter jika anda mengalami gejala aneh pada perut anda.

Demikian akibat sering menahan buang air kecil bagi kesehatan. Kebiasaan buruk sering menahan kencing ternyata tidak baik untuk kesehatan karena menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.