6 Cara Mengatasi Penyakit Keputihan Secara Alami

Penyakit keputihan seringkali dialami oleh kaum wanita. Hal tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Namun terkadang, wanita tidak terlalu peduli dengan hal tersebut. Padahal, apabila dibiarkan hal tersebut bisa memicu timbulnya penyakit yang lebih serius pada wanita. Apabila keputihan yang Anda alami sudah berlebihan, maka Anda harus mengobatinya.


Cara Mengatasi Penyakit Keputihan - Shutterstock

Cara Mengatasi Penyakit Keputihan – Shutterstock

Mengobati Penyakit Keputihan Dengan Bahan Alami

Menggunakan pembalut atau panty liner setiap hari amat tidak disarankan karena hal tersebut justru bisa menimbulkan beberapa penyakit lain. Sebaiknya Anda menggunakan cara herbal dan alami untuk mengatasi penyakit keputihan pada wanita supaya lebih aman. Berikut ini cara mengatasi keputihan dengan cara alami:

Daun sirih

Daun sirih memang sudah terkenal dari dulu bisa mengatasi keputihan dan sering dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan sabun kebersihan. Anda bisa merebus beberapa helai daun sirih selama 1 jam sampai air berubah warna. Gunakan air rendaman itu untuk membasuh organ intim Anda.

Biji Ketumbar

Selain berfungsi untuk bumbu masak, ketumbar bisa mengatasi masalah keputihan pada wanita. Anda bisa merendam biji ketumbar dalam air selama satu malam. Minumlah air ketumbar tersebut setelah Anda bangun pagi. Lakukan secara rutin untuk hasil yang cepat.

Manfaat biji ketumbar untuk mengobati keputihan - Shutterstock

Manfaat biji ketumbar untuk mengobati keputihan – Shutterstock

Akar Bayam

Akar bayam merupakan bahan alami untuk penyakit keputihan dan obatnya karena mengandung sifat anti bakteri yang tinggi sehingga mampu melawan jamur. Anda bisa menghancurkan beberapa gram akar bayam dan dijadikan jus. Beri madu untuk menghilangkan rasa pahit. Minumlah dua kali sehari untuk hasil maksimal.

Kunyit

Kunyit memang terkenal dengan kandung anti bakterinya yang tinggi sehingga bisa melawan kuman. Siapkan 2 ruas kunyit, satu genggam daun betutas, guka aren dan asam secukupnya. Rebus semua bahan tadi dalam satu liter air sampai mendidih. Setelah itu saringlah air tersebut dan buanglah ampasnya. Minumlah air rebusan tersebut satu gelas untuk satu hari.

Akar Mawar

Jika Anda memiliki tanaman mawar, gunakan akarnya sebagai obat. Akar mawar mampu mengatasi rasa gatal dan keputihan yang tidak normal. Cucilah akar mawar sampai bersih kemudian rebuslah dalam air sampai mendidih. Minumlah satu gelas air rebusan tersebut.

Manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan - Fotolia

Manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan – Fotolia

Biji Mangga

Biji mangga yang besar dan terdapat di tengah daging mangga berfungsi untuk mengatasi masalah kewanitaan. Caranya:

  • Keringkan biji mangga di bawah sinar matahari.
  • Kemudian giling atau hancurkan sampai menjadi bubuk.
  • Campur bubuk tersebut dengan sedikit air hingga membentuk seperti krim.
  • Oleskan krim biji mangga pada bagian luar organ intim Anda.
  • Tunggu 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Hal yang paling penting untuk mengatasi penyakit keputihan adalah menjaga kebersihan organ intim Anda sehari-hari dengan rajin membersihkannya dan juga mengganti celana dalam minimal dua kali dalam sehari. Jangan terlalu sering menggunakan sabun antiseptik pembersih karena hal tersebut dapat mengganggu kesimbangan ph.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

manfaat biji ketumbar untuk keputihan; pengobatan lambung secara herbal; cara mengobati keputihan sampai ke akar akarnya;

Content Protection by DMCA.com