6 Bahan Alami Untuk Pengobatan Penyakit Sinus

Banyak orang yang menganggap sinus sama seperti pilek atau radang karena sangat mengganggu saluran pernapasan. Jika dibiarkan, maka penyakit sinus bisa bertambah parah sehingga biaya pengobatannya pun lebih mahal. Hanya minum obat flu saja tidak cukup untuk menyembuhkannya apalagi obat-obatan mengandung efek samping berbahaya jika diminum terus menerus.


Penyakit sinus dan pengobatannya - Fotolia

Penyakit sinus dan pengobatannya – Fotolia

Bahan Alami Sebagai Obat Penyakit Sinus

Ada banyak bahan-bahan alami yang disesuaikan untuk penyakit sinusitis dan pengobatannya. Bahan-bahan herbal tersebut bisa didapatkan di mana saja dan sangat mudah untuk mengolahnya. Berikut ini beberapa cara mengobati sinus dengan bahan alami:

Daun sambiloto

Daun sambiloto sudah dikenal sejak dahulu memiliki khasiat untuk menyembuhkan sinusitis. Anda bisa mengambil beberapa daun sambiloto dan menghancurkannya dengan ulegan atau sendok sampai daun mengeluarkan air. Teteskan 3 kali air tersebut ke dalam lubang hidung Anda. Gunakan 2 hari sekali untuk penyembuhan sempurna.

Cuka sari apel

Cuka apel berfungsi untuk menipiskan lendir yang padat di dalam saluran pernapasan Anda sehingga lendir bisa dihilangkan dengan cepat. Anda bisa mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dengan satu gelas sari apel dan satu sendok teh madu. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari dan lakukan selama 5 hari berturut-turut.

Manfaat cuka apel untuk mengobati penyakit sinus - Fotolia

Manfaat cuka apel untuk mengobati penyakit sinus – Fotolia

Bawang putih dan bawang merah

Kedua bawang tersebut merupakan bahan ampuh yang berfungsi sebagai anti bakteri untuk menyembuhkan sinus. Jika Anda tidak bisa mengkonsumsinya secara langsung, maka Anda bisa membuat sup sayuran dengan banyak cincangan bawang putih dan merah di dalamnya.

Propolis atau air liur lebah

Propolis sangat cocok untuk Anda yang mengidap penyakit sinus hidung. Propolis dapat bekerja untuk memperbaiki sistem tubuh dan juga melawan virus serta jamur yang menyebabkan penyakit tersebut. Anda bisa meneteskannya satu kali sehari ke dalam hidung atau memasukkan propolis sebanyak 5 tetes ke dalam setengah gelas air. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

Oregano

Oregano biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan. Namun oregano mengandung zat anti nanah yang tinggi sehingga memberikan kelegaan pada saluran pernapasan. Anda bisa mengambil beberapa gram oregano dan dijadikan teh. Hirup aroma teh tersebut sebelum diminum. Bisa juga Anda teteskan ke hidung sebanyak 2 kali atau dicampur ke dalam makanan dengan jumlah yang banyak.

Manfaat oregano untuk mengobati sinusitis - Shutterstock

Manfaat oregano untuk mengobati sinusitis – Shutterstock

Eukaliptus atau minyak kayu putih

Minyak kayu putih mampu melegakan pernapasan sekaligus menghilangkan lendir yang ada dalam saluran hidung. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih di kening atau di sisi kepala untuk meredakan pusing. Selain itu, Anda juga bisa meneteskan beberapa tetes minyak tersebut ke dalam air hangat dan digunakan sebagai kompres dan pembasuh hidung.

Semoga cara-cara tersebut bisa membantu Anda untuk meredakan dan menyembuhkan penyakit sinus secara alami tanpa efek samping. Hal yang paling penting adalah untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri supaya sistem imun kebal dari virus dan bakteri penyakit.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

air sari bawang putih teteskan ke hidung; cuka apel untuk sinusitis; manfaat daun oregano umtuk sinusitis; ujala dan cuka dapat sembuhkan penyakit;

Content Protection by DMCA.com