5 Pilihan Pengobatan Diare Kronis dan Akut

Semua orang tentu pernah mengalami diare. Terkadang, diarea merupakan suatu cara yang digunakan tubuh untuk membuang bakteri jahat dari dalam tubuh. Sebelum membahas pengobatan diare di rumah, perlu diketahui bahwa kasus diarea hebat bisa terjadi karena berbagai hal, di antaranya adalah flu, penggunaan obat antibiotika, keracunan makanan, infeksi virus, air yang tercemar, operasi tertentu, dan sejumlah penyakit pada sistem pencernaan.


Pengobatan diare di rumah (Shutterstock)

Pengobatan diare di rumah (Shutterstock)

5 Pilihan Pengobatan Diare di Rumah

Penyebab diare biasanya dikelompokkan menjadi dua: akut dan kronis. Kasus diare akut biasanya terjadi selama beberapa hari, dan ditandai dengan buang air besar dua atau tiga kali dalam sehari, atau bisa jadi lebih. Diare kronis ditandai dengan kasus diare yang terjadi selama lebih dari 14 hari, dan kasus seperti ini umumnya disebabkan oleh kondisi kesehatan yang serius, sehingga membutuhkan perhatian medis.

Ada beberapa pilihan pengobatan diare yang bisa anda lakukan di rumah, baik untuk diarea kronis maupun diare akut. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Obat-Obatan Over-The-Counter (OTC)

Sejumlah obat-obatan toko (OTC) diketahui dapat membantu meringankan gejala diarea. Namun, penggunaannya harus melalui anjuran dokter. Obat-obatan yang direkomendasikan antara lain bismuth subsalicylate, attapulgite, maupun loperamide. Hanya saja, obat-obatan ini hanya membantu meringankan gejala, bukan mengobati penyebab diare. Selain itu, penggunaan obat ini harus ekstra hati-hati pada pasien anak. Pasalnya, dehidrasi yang terjadi karena diare bisa berbahaya pada anak kecil. Pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat.

Hindari Makanan/Minuman Tertentu

Jika anda mengalami diare, perhatikan betul apa yang anda makan. Demikian juga jika penderitanya adalah salah satu anggota keluarga anda. Dehidrasi akibat diare bisa membahayakan jiwa. Pastikan penderita mendapatkan asupan cairan yang cukup. Ini adalah salah satu pilihan pengobatan diare secara alami tanpa obat.

Hindari minuman bersoda untuk meringankan gejala diare (Shutterstock)

Hindari minuman bersoda untuk meringankan gejala diare (Shutterstock)

Hindari minuman seperti alkohol, susu, soda, dan minuman berkarbonasi atau mengandung kafein karena dapat memperburuk kondisi anda. Selain itu, batasi konsumsi makanan berminyak dan horengan, dan hindari buah dan sayuran yang dapat menyebabkan gas pada perut, seperti brokoli, kacang-kacangan, jagung, maupun cabe.

Probiotik

Probiotik adalah obat alami diare yang tersedia dalam bentuk obat konter (OTC). Pada dasarnya, probiotik adalah bakteri hidup yang terdapat pada makanan tertentu, seperti yogurt. Namun, anda juga bisa mendapatkannya dalam sediaan pil atau kapsul. Probiotik membantu memulihkan bakteri baik di dalam usus anda.

Biasanya, probiotik dianjurkan untuk kasus diare yang terjadi karena penggunaan antibiotik. Obat-obatan antibiotika dapat membunuh bakteri baik dari dalam usus, sehingga usus akan dikuasai oleh bakteri jahat. Nah, probiotik bekerja untuk menetralisir dan memulihkan bakteri baik tersebut.

Akunpuntur

Anda mungkin tidak pernah mempertimbangkan akunpuntur untuk mengobati diare. Namun, para ilmuwan Cina telah membuktikan manfaat akunpuntur untuk mengatasi diare akut pada anak-anak penderita kelainan otak. Akunpuntur juga bisa dikombinasikan dengan obat-obatan dokter untuk meringankan gejala diare pada orang dewasa.

Obat-Obatan Buatan Rumah

Jika cara lain tidak berhasil meringankan gejala diare, maka anda bisa mempertimbangkan penggunaan obat diare tradisional, seperti sulfur dan bunga chamomile. Namun sekali lagi, anda tidak dianjurkan mencobanya sendiri karena biasanya pengobatan seperti ini diberikan dengan mempertimbangkan banyak hal, seperti gejala penyakit, riwayat, dan karakteristik pasien.

Obat diare tradisional - chamomile (Fotolia)

Obat diare tradisional – chamomile (Fotolia)

Selain itu, belum banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan efektivitasnya dalam mengatasi diare. Jadi, konsultasikan dengan dokter anda sebelum menggunakannya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa pilihan pengobatan diare yang bisa anda gunakan di rumah. Namun anda tetap harus mengkonsultasikan penggunaannya dengan dokter. Pasalnya, penderita diare sangat rentan mengalami dehidrasi, yang dapat membahayakan jiwa penderitanya, khususnya anak-anak, wanita hamil, atau lansia.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

diare kronis pada orang dewasa; obat diare kronis; diare kronis; obat diare akut; obat herbal diare kronis; pengobatan diare kronis; cara mengobati diare pada orang dewasa; cara pengobatan diare akut; probiotik obat mencret; cara mengatasi diare kronis;

Content Protection by DMCA.com