5 Penyebab Kanker Tulang Ditinjau dari Jenisnya

Tercatat dalam waktu satu tahun selalu ada saja orang meninggal dikarenakan penyakit kanker. Penyakit mematikan tersebut masih dianggap sebagai momok di setiap kalangan karena bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Kanker tulang contohnya, yang kebanyakan terjadi pada anak-anak dan remaja. Penyebab kanker tulang masih dalam misteri.

penyebab kanker tulang

penyebab kanker tulang (Webmd)

Kanker tulang berbeda dengan tumor tulang. Sebenarnya, kanker ini sangat ganas mampu merusak tulang-tulang bagian dalam secara perlahan-lahan dan bisa menyebar ke tulang-tulang lainnya. Jenis kanker ganas yang menyerang tulang ini juga dapat mengancam nyawa penderitanya.

Penyebab Kanker Tulang Menurut Jenisnya

Sampai saat ini, masih banyak bertanya-tanya faktor apakah yang menjadi penyebab penyakit ganas itu. Berdasarkan jenis kanker tulang, penyebab terjadinya kanker tulang dapat dirinci sebagai berikut.

  • Jenis Kanker Tulang Osteosarkoma. Sel kanker ini menyerang tubuh bagian lutut dan bagian tubuh lengan atas yang disebabkan pembesaran sel kanker pada jaringan osteosit tulang. Orang yang sering menjalani terapi radiasi tubuh bagian luar secara berkelanjutan dalam kuantitas tinggi lebih rentan menderita osteosarkoma, dan tidak jarang anak-anak yang menjalani terapi dosis tingkat tinggi terserang jenis kanker tulang ini.
  • Bagi mereka yang pernah mengalami patah tulang atau cacat tulang akibat jatuh atau keturunan dan para pengguna platina logam pengganti organ cacat, akan rentan mengalami kanker tulang.
  • Jenis Kanker Tulang Chondrosarcoma. Jenis penyakit tulang yang kedua setelah osteosarcoma, yang asal muasalnya dari jaringan tulang rawan ini dapat menyerang tubuh bagian anggota gerak atas maupun anggota gerak bawah. Bisa disebabkan karena penggunaan logam platina pada orang cacat tangan atau cacat kaki.
  • Jenis Kanker tulang Ewing Sarcoma. Jenis ketiga asalnya justru dari jaringan lunak. Bisa dari kanker pada jaringan pembuluh darah atau jaringan lemak. Kanker jenis ketiga ini paling banyak menyerang manusia pada bagian tubuh punggung dan tulang panggul, serta anggota gerak. Penyakit kanker tulang jenis Ewing Sarcoma tidak dikaitkan dengan faktor keturunan dan terapi radiasi. Lebih kepada penyakit kanker bawaan yang menjadi resiko terbesarnya.
  • Faktor lain secara umum yang bisa menyebabkan penyakit kanker tulang, para penderita hernia umbilitikus yang dialami sejak lahir sangat rentan terkena kanker tulang
Penyebaran kanker tulang sekunder

Penyebaran kanker tulang sekunder (Drsubinsugath)

Penyebab Kanker Tulang Secara Umum

Tanpa diagnosis penyakit yang diderita sebelumnya, memang agak sulit untuk mendeteksi penyebab penyakit kanker tulang. Namun secara umum, pemakai terapi radiasi yang berkelanjutan tulangnya akan mudah rapuh sehingga sangat beresiko terkena kanker tulang.

Selain terapi radiasi dalam waktu yang lama, radiasi dari adanya alat-alat elektronik saat ini yang memiliki tingkat radiasi cukup tinggi juga bisa menyebabkan resiko kanker tulang. Dari beberapa penyebab kanker tulang yang telah dipaparkan, Anda dapat melakukan pencegahan dengan selalu menjaga kesehatan tulang dan kesehatan tubuh Anda.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

apakah patah tulsng bisa menyebabkan kanker tulsng -apakah penyebab tulang bonggol tangan menjadi serpihan dan retak2 karena ada indikasi tumor atau kanker -jatuh menyebabkan kanker -patah tulang bisa mengakibatkan kanker -

Content Protection by DMCA.com