5 Pengobatan Artritis Menggunakan Bahan Alami

Artikel sebelumnya membahas bahwa penanganan artritis dapat dilakukan dengan mengendalikan berat badan, menghindari makanan tertentu, seperti makanan yang kaya asam lemak omega 6, dan megkonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega 3. Selain cara di atas, pengobatan artritis juga dapat dipercepat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Cara ini tentunya harus tetap dipadukan dengan perubahan gaya hidup.


Pengobatan alami artritis (Shutterstock)

Pengobatan alami artritis (Shutterstock)

Pengobatan Artritis Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Sejumlah bahan alami diketahui dapat membantu meringankan gejala artritis serta meringankan gejala peradangan pada sendi. Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan alami artritis yang bisa anda coba:

Pijat dengan Garam Hangat

Cara ini sangat mudah dilakukan, karena bahan yang diperlukan pasti tersedia di rumah anda. Ya, yang anda butuhkan hanyalah segenggam garam kasar. Garam biasanya digunakan sebagai anti-septik, dan untuk mengatasi peradagangan pada sendi. Caranya:

  • Siapkan segenggam garam kasar, dan panaskan hingga batas yang bisa anda tahan
  • Bungkus garam hangat tersebut dengan kain bersih
  • Letakkan di bagian lutut. Mungkin, rasanya akan panas, namun tidak akan berlangsung lama
  • Tekan bungkusan garam hangat tersebut di sekitar bagian yang bengkak atau nyeri, dan anda akan segera merasakan manfaatnya.
Jus Buah Campur

Buah-buahan selalu menjadi pilihan pengobatan alami yang sehat sekaligus enak, karena kandungan nutrisi yang kaya di dalamnya. Jus buah dan sayur campuran sangat baik untuk memperkuat sistem imun, sehingga tubuh anda akan melawan peradangan dari dalam. Secara tidak langsung, ini akan menjadi pengobatan artritis secara alami dari dalam. Anda bisa mencoba jus dari campuran wortel, selederi, bayam, atau buah bit. Usahakan mencampurkan beberapa bahan tersebut dengan proporsi seimbang dan mengkonsumsinya secara rutin.

Mandi di Laut

Apakah anda gemar mandi di laut saat berlibur? Ternyata, kebiasaan ini sangat baik bagi anda penderita penyakit atritis. Mandi di laut adalah salah satu cara pengobatan alami yang efektif untuk peradangan sendi. Ya, air mengandung kekuatan penyembuh yang luar biasa. Anda juga bisa memadukannya dengan berjalan di pinggir pantai, sehingga otot-otot tubuh anda akan meregang. Anda juga bisa berjalan dengan melawan arus ombak yang kecil untuk meringankan gejala nyeri di kaki. Air laut kaya akan garam alami yang sehat. Seperti diketahui, garam juga merupakan pengobatan alami artritis.

Bahan alami untuk pengobatan artritis (Shutterstock)

Bahan alami untuk pengobatan artritis (Shutterstock)

Ramuan Bubuk Kunyit, Jahe, dan Madu

Gabungan tiga bahan di atas mengandung khasiat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan khasiat pembersih yang sangat kuat. Itulah sebabnya, campuran bubuk kunyit, jahe, dan madu dapat menjadi solusi yang efektif untuk menjaga kesehatan sendi dan membuat anda bebas dari rasa nyeri yang mengganggu akibat artritis.

Cara menggunakannya sangat sederhana: tambahkan setengah sendok bubuk jahe, seujung sendok bubuk kunyit, dan satu sendok teh madu ke dalam satu gelas air suam-suam kuku. Minuman campuran tersebut dua kali sehari untuk hasil lebih efektif. Ramuan ini juga dianjurkan bagi orang yang kerap berdiri lama saat bekerja dan mengalami nyeri kaki.

Ramuan Air Kentang

Campuran air dan irisan kentang merupakan pengobatan alami artritis dari dalam. Siapkan kentang segar dan potong menjadi beberapa bagian tanpa mengupas kulitnya. Rendah dalam air dan biarkan semalaman, dan minum air rendalam tersebut di pagi hari. Kandungan beta-carotene dan polifenol di dalam kentang akan meresap ke dalam air saat direndam semalaman. Ramuan ini juga kaya akan khasiat anti-inflamasi dan antioksidan untuk mengatasi artritis dari dalam.

Itulah beberapa pengobatan artritis secara alami yang bisa anda coba. Tentunya, masih ada sejumlah bahan herbal lainnya yang dapat membantu mengatasi radang sendi. Selamat mencoba.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

buah bit untuk arthritis; campuran bahan alami untuk anti inflamasi; obat alamiah artritis; obat herbal arthritis; obat herbal rematik artritis; SOLUSI MENGATASI SAKIT KEPALA DENGAN CARA TRADISIONAL;

Content Protection by DMCA.com