5 Khasiat Daun Jelatang Untuk Kesehatan Tubuh

Jelatang adalah jenis rerumputan yang sering dihindari, karena menimbulkan rasa gatal, panas, dan bahkan bentol jika bersentuhan dengan kulit. Namun, tahukah anda bahwa daun jelatang ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan anda? Khasiat daun jelatang diyakini dapat membantu menyembuhkan anemia, asam urat, nyeri sendi, infeksi saluran kemih, dan bahkan eksim.


Khasiat daun jelatang untuk kesehatan (Fotolia)

Khasiat daun jelatang untuk kesehatan (Fotolia)

Daun jelatang menimbulkan rasa panas dan gatal karena kandungan sejumlah zat kimia alami, seperti serotonin, asetilkolin, dan histamin. Namun, khasiatnya justru terletak di balik zat kimia tesebut, yakni mengatasi proses inflamasi pada penderita eksim dan rematik. Khasiat anti-inflamasi juga diperkuat oleh kandungan sterol dan flavonoid di dalamna.

Khasiat Daun Jelatang untuk Kesehatan

Daun jelatang juga mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti vitamin A dan C, kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor. Berikut adalah beberapa khasiat daun jelatang untuk kesehatan anda:

Mengurangi Nyeri Sendi

Penderita artritis, rematik, asam urat, atau nyeri sendi, khususnya pada siku, lutut, paha, dan tulang belakang dapat memanfaatkan daun jelatang untuk membantu meringankan gejalanya. Bahkan, sebuah penelitian yang baru-baru ini dipublikasi di Journal of Rheumatology menunjukkan kalau daun jelatang mengandung khasiat anti-inflamasi untuk melawan penyakit-penyakit autoimun, seperti rheumatoid arhritis.

Biasanya, daun jelatang dijadikan sebagai obat topikel atau obat oles untuk mengurangi nyeri sendi dan mengatasi artritis. Tanaman ini juga diketahui bisa membantu kinerja obat-obatan anti-inflamasi nonsteroid (NSAIDs), sehingga pasien tidak tergantung kepada NSAIDs, karena obat ini diketahui dapat menimbulkan sejumlah efek samping yang serius.

Daun jelatang dapat mengatasi rheumatoid arthritis (Shutterstock)

Daun jelatang dapat mengatasi rheumatoid arthritis (Shutterstock)

Menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Daun jelatang juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meringankan infeksi saluran kemih, gangguan buang air kecil, atau buang air kecil terus-menerus. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa daun jelatang mengandung zat yang mampu menghambat bakteri E.coli penyebab infeksi saluran kemih.

Memang, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat daun jelatang untuk mengatasi masalah di saluran kemih. Hanya saja, sejumlah studi klinis menemukan kalau tanaman ini mengandung zat kimia alami yang mempengaruhi sel-sel prostat, yakni menghambat atau menghentikan penyebaran sel-sel kanker prostat.

Menghentikan Pendarahan

Di negara-negara Barat, daun jelatang telah diolah menjadi semacam produk yang bermanfaat untuk menghentikan pendarahan selama proses bedah saat dioleskan pada kulit. Daun jelatang biasanya diolah bersama bahan lain, seperti thyme, alpina, dan licorice. Obat ini telah banyak digunakan untuk menghentikan pendarahan setelah proses bedah gigi.

Mengatasi Eksim

Eksim ditandai dengan ruam yang kering dan gatal pada permukaan kulit. Jika tidak diatasi, eksim bisa berlangsung dalam waktu lama. Karena kandungan anti-histamin dan anti-inflamasi di dalamna, daun jelatang telah lama digunakan sebagai obat alami eksim. Untuk masalah kulit ini, daun jelatang bisa digunakan sebagai obat topikal maupun obat minum dalam bentuk teh daun jelatang, dan bahkan diolah menjadi krim untuk mengatasi rasa gatal dan kemerahan akibat eksim.

Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sejumlah studi yang dilakukan terhadap hewan, daun jelatang ditemukan dapat menurunkan tekanan darah. Namun demikian, diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efeknya pada manusia. Khasiat daun jelatang untuk menurunkan tekanan darah berasal dari fungsinya sebagai diuretik.

Nah, siapa yang menyangka jika di balik reputasinya sebagai tanaman penyebab gatal dan panas, ternyata daun jelatang kaya manfaat untuk kesehatan. Khasiat daun jelatang justru berasal dari kandungan histamin (yang notabene merupakan penyebab gatal). Untuk konsumsi, biasanya daun jelatang kering diseduh menjadi teh. Sedangkan untuk obat topikal, daun jelatang diolah menjadi krim atau lotion. Meski penggunaannya masih relatif jarang di Indonesia, prospeknya sangat besar karena tanaman ini tumbuh subur di tanah air.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

daun jelatang; jelatang; Khasiat daun jelatang; manfaat daun jelatang; daun jelantang; teh jelatang; manfaat jelatang; jelantang; Teh daun jelatang; manfaat tumbuhan jelatang;

Content Protection by DMCA.com