5 Fakta Menarik tentang Penyebab Penyakit Lupus dan Obatnya

Anda mungkin sering menonton iklan layanan masyarakat tentang bahaya narkoba di Televisi. Lalu, bagaimana dengan penyakit lupus? Tidak banyak orang yang mengetahui penyebab penyakit lupus serta bahayanya bagi kesehatan, karena memang iklan promosi kesehatan tentang penyakit ini masih belum begitu banyak.


Penyakit lupus - Shutterstock

Penyakit lupus – Shutterstock

Sekalipun demikian, berbagai upaya telah dilakukan untuk mendorong kesadaran tentang penyakit lupus. Tahukah anda bahwa dunia telah menetapkan tanggal 10 Mei sebagai Hari Kesadaran Lupus? Ini adalah suatu upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit ini.

Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya: Beberapa Fakta Menarik

Tahukah anda bahwa penyakit lupus bisa saja tidak berbahaya, dan bisa juga mengancam keselamatan penderitanya. Nah, ingin tahu beberapa fakta menarik tentang penyakit ini?

Penyebab penyakit lupus menular sebenarnya tidak terjadi melalui kontak

Penderita penyakit lupus bukanlah orang yang harus dihindari, karena sama halnya dengan penyakit jantung, penyakit diabetes maupun kanker, lupus tidak akan menular melalui sentuhan. Penyebab penyakit lupus sebenarnya berkaitan dengan banyak faktor, mulai dari faktor genetika, hormon, hingga lingkungan, termasuk pemicu khusus, seperti sinar ultraviolet yang berlebihan atau obat-obatan tertentu.

Lupus adalah penyakit autoimun

Lupus adalah penyakit yang berkaitan dengan kekebalan tubuh. Akibatnya, penyakit ini bisa ringan, bisa pula berbahaya, tergantung bagaimana respon kekebalan tubuh seseorang. Sebagian penderita bisa saja mengalami masalah ginjal, dan sebagian lagi mungkin hanya mengalami bengkak pada sendi. Berita baiknya adalah, kebanyakan kasus lupus termasuk kategori ringan, sehingga penderitanya masih bisa menjalani hidup secara normal.

Lupus awareness - Shutterstock

Lupus awareness – Shutterstock

Kebanyakan penderita lupus adalah wanita muda

Riset menunjukkan bahwa lebih 90% dari penderita penyakit lupus adalah wanita, dan sebagian besar di antaranya masih dalam usia produktif, yakni antara usia 15 hingga 45 tahun. Meski demikian, lupus bisa terjadi pada bayi baru lahir, dengan gejala bervariasi, seperti ruam kulit saat lahir atau ruam yang muncul belakangan.

Lupus tidak bisa diobati, tapi gejalanya bisa diringankan dengan obat

Ini adalah fakta menarik lain tentang penyebab penyakit lupus dan pengobatannya. Sama halnya dengan diabetes yang nyaris tidak bisa diobati (namun bisa diringankan dengan perbaikan gaya hidup), lupus juga tidak bisa diobati. Namun, penderitanya bisa dibantu dengan obat, antara lain corticosteroids. Terkadang, obatan-obatan kemoterapi diberikan kepada penderita yang mengalami penyakit lupus berat.

Facts about lupus - Shutterstock

Facts about lupus – Shutterstock

Orang-orang terkenal juga menderita lupus

Tahukah anda bahwa sejumlah selebriti ternama juga menderita lupus? Di antaranya adalah penyakit R&B, Toni Braxton, yang secara jelas menyampaikan kepada publik bahwa ia menderita lupus. Demikian juga dengan Seal yang mengami scar wajah akibat lupus. Ada juga Flannery O’Connor yang meninggal akibat penyakt ini di usia 39 tahun.

Terakhir, menghindari sinar matahari langsung adalah cara terbaik untuk menjauhi penyebab penyakit lupus. Jangan menganggap remeh penyakit ini, karena lupus bisa saja membahayakan jiwa.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

fakta penyakit lupus; fakta tentang penyakit lupus; penyakit lupus fakta;

Content Protection by DMCA.com