4 Tanaman Obat Asam Urat Paling Ampuh

Masalah kesehatan seperti asam urat akan terus membayangi masyarakat modern saat ini. Mereka yang menderita asam urat tidak hanya dari kalangan orang tua renta namun juga dari beragam umur. Sebenarnya, masalah asam urat bisa diatasi dengan tanaman obat asam urat. Yang dimaksud di sini adalah pengobatan herbal yang dilakukan untuk mengatasi penyakit yang mengganggu tersebut. Ada beberapa pilihan obat asam urat yang dapat dimanfaatkan dan tiap orang memiliki kecocokan yang berbeda mengenai obat tersebut dan memilih yang terbaik di antara beberapa pilihan tersebut.


tanaman obat asam urat, kumis kucing

tanaman obat asam urat, kumis kucing

Pilihan Tanaman Obat Asam Urat

Kumis Kucing

Obat herbal asam urat yang biasa dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional adalah kumis kucing atau Orthosiphon Aristatus. Tanaman ini cukup dikenal sebagai media herbal yang mujarab. Kandungan terbaik dari obat ini adalah garam kalium yang bisa berfungsi sebagai penghancur batu pada saluran kencing. Kumis kucing juga memiliki sifat diuretik yang bisa menyingkirkan kandungan asam urat berlebih pada tubuh melalui proses buang air kecil atau urin.

Daun Salam

Pilihan tanaman herbal untuk asam urat yang kedua adalah daun salam. Daun salam cukup dikenal di kalangan masyarakat modern untuk dijadikan bumbu dapur. Namun banyak yang tidak paham bahwa tanaman ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan yaitu flavonoid, senyawa minyak atsiri, dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk mengatas masalah asam urat. Sedangkan zat tanin yang ada pada daun salam bisa berfungsi sebagai solusi untuk asam urat dan juga untuk menanggulangi kolesterol yang berlebih di dalam tubuh. Asam urat selalu berkaitan dengan masalah kolesterol dan bisa berujung pada komplikasi.

Daun salam

Daun salam

Sambiloto

Selain daun salam dan juga kumis kucing, masih ada banyak pilihan obat tradisional asam urat yang bisa dimanfaatkan oleh penderita asam urat. Pilihan selanjutnya adalah sambiloto yang berasal dari India. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan berbagai nama, sebagai papaitan, kayu mas, dan beberapa sebutan lain. Kandungan yang ada pada tanaman ini adalah kalsium, natrium, kalium, dan masih banyak lagi.

Sambiloto

Sambiloto

Anting-anting

Salah satu tanaman herbal untuk asam urat yang populer saat ini adalah tanaman anting-anting. Sebenarnya, tanaman ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu akar kucingan atau juga rumput kokosan. Tanaman ini bermanfaat sebagai anti radang dan pembersih hati. Untuk permasalahan asam urat, anting-anting bisa dimanfaatkan untuk campuran obat herbal lainnya.

Alternatif tanaman obat asam urat memang beragam. Bahan-bahan ini pastinya mudah didapat dan tersedia di lingkungan sekitar. Selain mudah didapat, anda juga tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya, karena bahan-bahan ini bisa didapat secara gratis. Selain itu, sebaiknya anda juga melakukan perubahan pola konsumsi dengan menghindari makanan-makanan yang dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat herbal asam urat; obat asam urat alami; obat asam urat alami dari tumbuhan; jamu asam urat; obat; obat asam urat tradisional; obat herbal untuk asam urat; daun untuk asam urat; Obat alami untuk asam urat; obat tradisional untuk asam urat;

Content Protection by DMCA.com