4 Penyakit Kelebihan Protein Pada Manusia

Protein memang merupakan mineral penting yang sangat dubutuhkan oleh manusia sebagai regenerasi dalam tubuh. Protein sendiri bisa diperoleh dari berbagai macam sumber makanan baik hewani maupun nabati. Namun, penyakit kelebihan protein juga bisa diderita bila asupan protein yang masuk dalam tubuh terlalu banyak sehingga jaringan sel tidak dapat menyerapnya.


Penyakit kelebihan protein - penyakit ginjal (Shutterstock)

Penyakit kelebihan protein – penyakit ginjal (Shutterstock)

4 Penyakit Kelebihan Protein yang Berbahaya Untuk Tubuh

Kekurangan protein dapat menimbulkan berbagai kondisi seperti marasmus atau bahkan penyakit jantung, namun kelebihan protein ternyata tidak kalah berbahayanya karena bisa menimbulkan penyakit serius, antara lain:

Kerusakan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dengan fungsi utamanya untuk menyaring semua zat, racun serta limbah yang diproduksi oleh organ lain di dalam tubuh. Apabila protein yang masuk di dalam tubuh terlalu banyak, maka kinerja dari ginjal akan semakin berat karena banyak limbah berupa racun dan juga zat tidak berguna yang harus dikeluarkan serta disaring oleh ginjal. Kerusakan ginjal ini sering ditemukan pada orang yang mengonsumsi banyak protein hewani serta makanan olahan seperti mie instan, efek dari pencucian darah dan juga allopurinol.

Kelebihan protein memicu kenaikan kolesterol - Fotolia

Kelebihan protein memicu kenaikan kolesterol – Fotolia

Rentan Terkena Resiko Kanker

Penyakit akibat kelebihan protein lainnya adalah rentan terkena berbagai macam kanker. Sumber protein yang tertinggi diperoleh dari hewani, namun protein hewani juga memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga lemak tersebut tidak bisa dicerna dan diserap oleh tubuh secara maksimal sehingga menimbulkan banyak penumpukan.

Penumpukan lemak secara berlebihan bisa memicu kemunculan dari berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan pertumbuhan dari sel kanker manjadi lebih cepat dan berbahaya. Seringnya mengonsumsi daging asap ataupun daging beku dalam kemasan juga bisa memicu penumpukan protein di dalam tubuh yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker.

Meningkatkan Kolesterol

Penyakit karena protein berlebih bisa memicu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol merupakan titik awal dari munculnya penyakit yang berbahaya untuk tubuh karena menyebabkan pembekuan arteri dalam darah sehingga bisa memunculkan gejala penyakit jantung yang berbahaya.

Selain jantung, kolesterol juga memicu terjadinya berbagai penyakit keras lainnya seperti gula darah tinggi sehingga menimbulkan diabetes, tekanan darah tinggi yang bisa memicu penyakit stroke serta asam urat yang berbahaya. Protein hewani merupakan salah satu pemicu terjadinya kolesterol dalam tubuh.

Kelebihan protein dapat memicu osteoporosis - Fotolia

Kelebihan protein dapat memicu osteoporosis – Fotolia

Pemicu Penyakit Kekurangan Kalsium

Masuknya protein dengan jumlah berlebih dalam tubuh bisa memicu produksi asam semakin meningkat dan tinggi sehingga membuat kemampuan tulang dalam menyerap kalsium akan semakin rendah dan akhirnya berbagai macam penyakit kekurangan kalsium seperti osteoporosis bisa terjadi pada setiap orang. Tanda-tanda yang terjadi bila seseorang mengalami kekurangan kalsium adalah adanya rasa sakit yang terjadi di sekitar pergelangan tangan ataupun nyeri tulang.

Dengan mengetahui berbagai penyakit kelebihan protein tersebut, maka diharapkan Anda bisa mengatur porsi serta kebutuhan nutrisi akan protein dalam tubuh sehingga gizi tetap terpenuhi dan tubuh menjadi sehat.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

kelebihan protein; penyakit kelebihan protein; akibat kelebihan protein; contoh penyakit kelebihan protein; cara mengatasi kelebihan protein dalam tubuh; penyakit kelebihan protein disebut; penyakit akibat kelebihan protein; dampak kelebihan protein; kelebihan protein dalam tubuh; obat tradisional kelebihan protein;

Content Protection by DMCA.com