4 Obat Tekanan Darah Rendah Alami Paling Ampuh

Anda tentunya akrab dengan istilah tekanan darah tinggi atau hipertensi, bukan? Lalu, bagaimana dengan kasus sebaliknya, yakni tekanan darah rendah alias hipotensi? Mungkin, banyak yang merasa asing dengan istilah ini, namun sebenarnya, masalah darah rendah tidak kalah mengganggu dibanding darah tinggi. Beberapa gejala umum dari kondisi ini adalah rasa mual, pusing, lelah, dan lemas berkepanjangan adalah beberapa gejala umum dari tekanan darah rendah.


Tekanan darah rendah (Fotolia)

Tekanan darah rendah (Fotolia)

Telanan darah yang berada di bawah ambang batas normal bisa disebabkan oleh berbagai faktor, khususnya beberapa kasus penyakit jantung. Penderita diabetes mellitus, penyakit Parkinson, maupun orang yang pernah mengalami serangan jantung dan stroke juga bisa mengalami tekanan darah rendah.

Obat Tekanan Darah Rendah Herbal

Sama halnya dengan tekanan darah tinggi, ada beberapa obat tekanan darah rendah yang bisa anda sediakan sendiri di rumah.  Namun sebaiknya, gunakan obat-obatan herbal ini setelah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Berikut adalah beberapa alternatifnya:

Garam

Penderita tekanan darah tinggi biasanya dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam. Namun, beda halnya pada penderita darah rendah. Pada kasus seperti ini, salah satu obat alami yang reaksinya paling cepat adalah garam. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan sodium yang terdapat di dalamnya. Caranya: tambahkan garam pada segelas air putih atau jus buah dan minum.

Perlu diingat bahwa meski tekanan darah anda rendah, jangan mengkonsumsi terlalu banyak garam, karena dapat menimbulkan masalah lain, seperti retensi cairan dan kelebihan kadar sodium di dalam aliran darah. Cukup gunakan garam sedikit lebih banyak dari porsi biasa pada makanan atau minuman yang anda konsumsi.

Manfaat bawang putih untuk tekanan darah rendah (Fotolia)

Manfaat bawang putih untuk tekanan darah rendah (Fotolia)

Bawang Putih

Bawang putih dikenal kaya manfaat, mulai dari penurunan kolesterol hingga mengatasi darah rendah. Ya, bumbu dapur ini bekerja mengatur tekanan darah. Caranya: konsumsi satu atau dua siung bawang putih saat perut anda dalam kondisi kosong. Anda juga bisa menghaluskannya dan mencampurnya dengan segelas air hangat dan meminumnya di pagi hari. Ramuan bawang putih akan membersihkan saluran pencernaan anda, sehingga toksin-toksin di dalam tubuh akan terbuang.

Jus Buah Bit

Buah bit adalah salah satu obat alami darah rendah, selain manfaatnya untuk menagtasi berbagai masalah kesehatan lainnya, bahkan kondisi-kondisi kronis seperti anemia. Buah bit sangat kaya akan zat besi. Seperti diketahui, anemia berkaitan erat dengan penurunan tekanan darah, karena kondisi ini bisa menyebabkan penurunan volume darah.

Jus buah bit juga berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi normal dan resiko penyumbatan pembuluh darah menjadi lebih kecil. Cukup konsumsi setengah gelas jus buah bit segar, dan tambahkan sedikit garam untuk penambah rasa. Jika anda tidak begitu menyukai jus, anda bisa menambahkan beberapa irisan buah bit pada menu makanan anda.

Manfaat buah bit sebagai obat tekanan darah rendah (Shutterstock)

Manfaat buah bit sebagai obat tekanan darah rendah (Shutterstock)

Kismis

Siapa yang tidak suka kismis? Buah yang sering digunakan sebagi toping kue ini ternyata berfungsi mengatasi tekanan darah rendah. Kismis bekerja sebagai anti-oksidan dan kaya akan zat potassium yang berfungsi mengoptimalkan tekanan darah. Caranya: rendam 5-6 biji kismis di dalam segelas air, dan biarkan semalaman. Kemudian, minum air rendaman kismis tersebut di pagi hari sebelum sarapan.

Selain 4 obat tekanan darah rendah di atas, ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan tekanan darah anda. Di antaranya adalah mengkonsumsi cukup cairan. Dehidrasi dapat menimbulkan penurunan tekanan darah, karena darah yang kental lebih sulit untuk mengalir. Konsumsi setidaknya 2 liter air setiap hari, ditambah jus sayuran dan buah-buahan untuk mengembalikan kadar air di dalam tubuh.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat darah rendah; obat darah rendah alami yang ampuh; obat ampuh darah rendah; obat darah rendah alami; obat tradisional darah rendah; obat darah rendah paling ampuh; obat tekanan darah rendah; obat untuk darah rendah; obat ampuh untuk darah rendah; obat mujarab darah rendah;

Content Protection by DMCA.com