4 Latihan Kekuatan Otot Lengan Tanpa Personal Trainer

Secara umum keinginan yang ingin diwujudkan seseorang dengan berolahraga adalah untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi tentu selain itu ada pula yang ingin memperoleh bentuk tubuh ideal agar dapat berpartisipasi pada setiap trend mode yang sedang banyak diminati. Salah satu jenis gerakan yang banyak dilakukan adalah latihan kekuatan otot lengan agar sepasang lengan seperti milik Agnes Monica dapat dimiliki. Selain itu, dengan tangan dan lengan yang kuat tentu dalam melakukan aktifitas sehari-hari kita akan lebih produktif karena dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan berat.


Latihan kekuatan otot lengan – Shutterstock

Latihan kekuatan otot lengan – Shutterstock

Beberapa Latihan Kekuatan Otot Lengan di Rumah

Fokus utama dalam bentuk latihan kekuatan otot lengan adalah untuk membentuk otot yang terletak pada lengan atas atau otot bisep dan lengan bawah atau otot trisep. Berikut ini adalah jenis gerakan yang disarankan. Berikut ini adalah beberapa latihan yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa didampingi personal trainer.

Push Up

Gerakan push up tentu sudah tak asing lagi bagi Anda. Tetapi lakukan dengan metode yang tepat agar Anda terhindar dari cedera akibat berolahraga. Caranya, berbaringlah telungkup dengan meletakkan telapak tangan pada lantai dengan merentangka kelima jari agar berat tubuh tertahan sempurna. Buka lengan Anda sejajar dengan bahu dan letakkan kaki sedikit lebih lebar daripada bahu. Seperti dalam posisi menahan napas sambil mendorong tubuh ke atas kencangkan perut dan kaki Anda. Lakukan gerakan tersebut perlahan-lahan dan sebagai permulaan Anda dapat mencoba mengulang 15 hingga 20 kali hitungan.

Latihan otot lengan dengan push-up - Shutterstock

Latihan otot lengan dengan push-up – Shutterstock

Dip

Lakukan posisi push up terbalik atau Dip. Tidurlah telentang, lalu angkat pinggul Anda dengan kedua telapak tangan dan kaki sebagai penahan berat badan kemudian turunkan kembali. Gerakan ini disebut juga kayang atau back bridge. Ulangi gerakan sebanyak 15 hingga 20 kali. Agar lebih mudah, Anda dapat mengaitkan kaki pada ujung tempat tidur untuk membantu menahan berat badan.

Latihan Kekuatan Otot Lengan Dengan Dumbell

Untuk jenis latihan yang berikut ini Anda membutuhkan dumbell dengan berat minimal 1 kg.

Biceps curl

Contoh latihan kekuatan otot lengan yang dapat Anda coba adalah biceps curl. Caranya, berdiri dengan kedua kaki rapat sambil memegang dumbell pada kedua tangan Anda. Letakkan tangan di samping pinggul kemudian angkat dumbell ke arah bahu dengan gerakan memutar lengan dan pergelangan hingga tangan Anda mengarah ke atas. Sebaiknya gerakan ini dilakukan bergantian dengan sebelah tangan terlebih dahulu baru kemudian yang satunya.

Latihan kekuatan otot lengan dengan Hammer curl  - Indianworkouts

Latihan kekuatan otot lengan dengan Hammer curl – Indianworkouts

Hammer curl

Untuk latihan kekuatan otot lengan dengan dumbell yang terakhir disebut hammer curl. Sesuai dengan tangannya bayangkanlah bahwa dumbell tersebut sebuah palu kemudian lakukan gerakan memalu secara perlahan dengan mengangkat dumbell hingga setinggi bahu. Lakukan gerakan ini secara bergantian antara tangan kiri dan kanan agar Anda dapat lebih fokus. Ulangi gerakan sebanyak 15 atau 20 kali untuk masing-masin lengan. Nah, selamat mencoba!



Permasalahan yang ada dalam artikel :

latihan kekuatan otot lengan; cara melatih otot tangan agar kuat; melatih kekuatan tangan; latihan kekuatan tangan; Cara menguatkan otot tangan; latihan untuk kekuatan otot lengan; jelaskan cara melakukan latihan kekuatan otot lengan; latihan kekuatan lengan; cara melatih kekuatan tangan; latihan otot lengan;

Content Protection by DMCA.com