4 Bahan Herbal untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Selain maag yang sering diderita oleh sebagian besar orang, penyakit asam lambung juga merupakan dampak yang lebih buruk dari maag. Kelebihan produksi asam yang ada pada lambung justru akan menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman untuk mengonsumsi makanan.  Pengobatan alami lebih banyak dipilih oleh masyarakat untuk menyembuhkan penyakit asam lambung naik karena tidak memiliki efek samping pada tubuh.


Penyakit Asam Lambung - Fotolia

Penyakit Asam Lambung – Fotolia

Pengobatan Alami Penyakit Asam Lambung

Berikut adalah beberapa pilihan obat herbal untuk mengatasi permasalahan asam lambung yang nai atau bergejolak:

Kemangi

Salah satu bahan alami yang bisa meredakan dan juga menyembuhkan asam lambung yang naik berlebihan adalah dengan daun kemangi. Daun yang hampir sering tumbuh di pekarangan rumah seseorang ini memang memiliki banyak sekali manfaat utamanya adalah untuk menetralkan lambung. Cobalah untuk mengkonsumsi segenggam daun kemangi stiap hari sebagai sayur ataupun dijadikan sebagai pelengkap lauk seperti lalapan setelah dicuci dengan bersih. Rasa dingin dan juga sejuk yang diberikan oleh kemangi akan meredakan rasa panas di tubuh yang disebabkan oleh asam lambung yang naik.

Khasiat daun kemangi untuk mengobati penyakit asam lambung - Shutterstock

Khasiat daun kemangi untuk mengobati penyakit asam lambung – Shutterstock

Daun Meniran

Selain kemangi, dedaunan yang bisa mengobati asam lambung pada tubuh adalah daun meniran. Daunnya yang kecil memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Untuk dijadikan sebagai ramuan pengobatan, maka Anda harus merebus daun tersebut di dalam air sampai mendidih dan air menjadi keruh. Minumlah ramuan tersebut setiap hari sampai Anda merasakan perubahan pada tubuh dan sudah bisa mengonsumsi berbagai macam makanan dengan aman.

Apabila Anda tidak menyukai rasa pahit dari meniran, maka jangan menambahkan perasan jeruk ke dalamnya tetapi berikan saja beberapa sendok madu ke dalam ramuan tersebut. Jeruk memnag memberikan rasa segar namun kandungan asam yang tinggi justru bisa memperparah kondisi lambung.

Jahe

Jahe bisa mmeberikan rasa hangat pada tubuh termasuk juga lambung sehingga mampu menetralisir asam dan meredakan sakit. Namun bila jahe dikonsumsi dalam jumalah yang lebih daripada dosis yang seharusnya, maka hal tersebut justru bisa memicu asam menjadi semakin naik pada tubuh. Seduhlah 2-4 gram jahe dengan air panas dan konsumsilah dua kali sehari.

Khasiat jahe seduh untuk penyakit asam lambung - Fotolia

Khasiat jahe seduh untuk penyakit asam lambung – Fotolia

Akar Licorice

Salah satu bahan tradisional alami untuk mengobati penyakit asam lambung akut yaitu dengan akr licorice. Licorice sendiri memang sudah dikenal dengan khasiatnya untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara alami. Ambil beberapa akar dari licorice dan bersihkan sampai tidak ada tanah yang tertinggal. Kemudian potong akar menjadi beberapa bagian kecil dan rebuslah dalam air panas. Tunggu hingga mendidih dan saring air tersebut sehingga benar-benar tidak ada kotoran yang ikut masuk di dalamnya. Minumlah ramuan itu secara rutin untuk meredakan efek yang ditimbulkan penyakit tersebut.

Cobalah untuk menerapkan beberapa bahan tersebut sebagai bentuk pengobatan herbal untuk penyakit asam lambung sehingga penyakit bisa sembuh dengan cepat, aman, dan tidak mengandung efek samping.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

manfaat daun kelor untuk asam lambung; daun kelor untuk asam lambung; manfaat daun kelor untuk lambung; manfaat daun kemangi untuk asam lambung; bahan alami penyakit lambung; daun kelor untuk lambung; cara mengobati lambung dengan daun kemangi; cara mengobati lambung dengan buah pinang; untuk penyakit lambung rebusan daun kemangi; asam lambung naik pada anak 4 tahun;

Content Protection by DMCA.com